Sebatang Gadget Tersayang yang Mendukung Kegiatan Sehari-hariku saat Bekerja, Belajar dan Nge-game

KURAZONE ~ Memiliki Gadget mewah, terbaru dan termahal adalah keinginan bagi setiap manusia millenial di jaman modern saat ini. Namun, memiliki gadget yang diidam-idamkan juga harus menyesuaikan seberapa tebal isi dompet yang kita punya. Jika pada kenyataannya hanya mampu membeli gadget yang murah (namun tidak murahan), maka hal itu sudah lebih dari cukup. Itu sih bagi saya pribadi! Kalau bagi kalian yang berdompet tebal pasti beda ceritanya.

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi tentang satu gadget menarik alias gadget sebatang kara dan tersayang yang selalu menemani saya dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Entah itu ketika bekerja, belajar, nge-game, membuat konten, nonton film, mendengarkan musik, chatting hingga mengirim dan menerima uang.

Perkenalkan! Ini dia Realme 5i ...

Alasan Memilih Realme 5i

Gadget sebelumnya yang saya gunakan adalah hape Infinix Hot 3 LTE dengan spesifikasi masih menggunakan RAM 2GB yang saya gunakan mulai tahun 2014 hingga pertengahan 2020. Cukup betah menggunakan gadget ini karena digunakan untuk kegiatan ringan saja seperti chat wa (kirim foto dan dokumen), main Youtube dan Mobile Legends. Namun, mulai akhir tahun 2020 ditempat kerja saya menerapkan bekerja secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Sayangnya, hape Infinix ini kurang memadai, sehingga muncul keinginan untuk membeli gadget baru.

Saat mencari informasi tentang rekomendasi hape di dunia maya dengan kisaran harga Rp. 1,5 hingga 2 jutaan, saya menemukan dan tertarik dengan hape Realme 5i dengan harga Rp 2.199.000. Pada saat itu memang lagi hits banget hape Realme dikalangan anak muda, sehingga saya tertarik untuk membelinya. Namun, saya memilih untuk membeli hape bekas karena uang belum ada 2 jutaan, ditambah lagi tuntutan pekerjaan yang harus segera menggunakan aplikasi Zoom. Alhasil terbelilah hape Realme 5i bekas dengan harga 1,8 jt.


Spesifikasi Realme 5i

Dalam hal spesifikasi, saya hanya mencermati bagian RAM, Chipset, Storage dan Kamera saja, karena pada dasarnya saya tidak begitu paham tentang seluk beluk hape. Hal terpenting bagi saya adalah kinerja dan performa pada hape Realme 5i ini sudah mumpuni dan mendukung aktivitas harian saya (kerja, belajar, hiburan). Untuk lebih lengkap mengenai spesifikasinya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
image by gsmarena


Performa Realme 5i untuk Bekerja, Belajar dan Nge-Game

Melihat tabel spesifikasi diatas, bisa saya simpulkan bahwa hape Realme 5i ini sudah standart lah untuk digunakan di jaman sekarang, khususnya bagi saya yang profesinya bekerja di perkantoran. Aplikasi yang saya gunakan untuk bekerja dan belajar pun berjalan tanpa kendala, diantaranya adalah Zoom, Kalkulator, Kamera, Airmore, CamScanner, Polaris dan Power Director. Lalu, performa untuk nge-game juga lancar-lancar saja ketika bermain game ringan seperti Mobile Legends maupun Pokemon Unite, namun masih terasa patah-patah apabila digunakan untuk bermain game berat seperti Genshin Impact ataupun Life After.

Belajar dan Membuat Konten pun jadi mudah

Main game MLBB pun lancar

Hasil foto kamera dan rekaman video pun sudah mendukung 1080p/30fps, tersedia mode Foto, Potret, Malam, Ultra Macro, Slo-Mo, Pakar dan Panorama. Bingkai layar juga mendukung 1:1, 4:3 atau diatur Full, ditambah lagi dengan adanya pengaturan HDR yang membuat hasil jepretan semakin OK ketika mendokumentasikan sebuah momen atau peristiwa.

Gadget ini juga mendukung perekaman layar yang bisa merekam suara ekternal dan internal, fitur inipun saya manfaatkan untuk mencoba hal baru dengan membuat konten di Youtube yang berisikan gameplay game-game android yang dimainkan menggunakan hape Realme 5i, mulai dari game yang ringan hingga game yang berat. Apabila ingin mampir ke channel saya silakan berkunjung ke Sotazer ID dan jangan lupa untuk subscribe ya... (gak subscribe juga gpp)

Image by Sotazer ID Channel

Hal yang saya suka dari Realme 5i

Fitur Theme Store


Melihat tema bawaan pabrik terkadang membuat saya jenuh saat mengoperasikan hape, dengan adanya Theme Store ini saya bisa memilih tema berdasarkan trend, selera atau sekedar uji coba saja. Tema yang disuguhkan sangat beragam, terdapat animasi dan perubahan ikon saat menggunakan tema. Bisa memilih jenis font dan tampilan wallpaper sesuai selera, dan saya rasa fitur Theme Store ini memang dikhususkan untuk Realme, karena tidak disediakan fitur backup atau share tema untuk dipasang di hape merk lain.

Fitur Pembaruan Perangkat Lunak


Setiap minggu atau bulannya, ada beberapa aplikasi yang otomatis update dari playstore. Versi perangkat lunak di hape terkadang harus diupdate juga untuk menyeimbangkan kestabilan sistem dengan aplikasi lain. Dengan adanya fitur pembaruan perangkat lunak secara otomatis tersebut membuat saya tidak khawatir lagi untuk masalah sistim dan keamanan perangkat. Karena dengan adanya update sudah dipastikan ada peningkatan fitur dan keamanan perangkat dari serangan virus.

Fitur Game Space


Fitur peningkatan performa ketika bermain game bernama Game Space ini dapat membantu saya menghindari gangguan saat bermain game, seperti tiba-tiba ada panggilan atau notifikasi masuk. Ketika bermain game, saya bisa mengatur Game Space untuk menolak semua panggilan dan notifikasi yang masuk, serta mengatur tingkat kecerahan layar dan mode hemat baterai.
Fitur yang satu ini rupanya memang bawaan Realme, karena hanya bisa diperoleh dari situs resmi nya Realme saja dan tidak tersedia di Playstore.
---------------------
Nah, itulah sederet kisah saya tentang sebatang gadget tersayang yang menemani aktivitas saya ketika bekerja, belajar maupun nge-game. Setiap orang pasti memiliki gadget kesayangannya masing-masing, gadget kesayangan anda dengan saya bisa saja sama-sama Realme 5i atau mungkin berbeda. 

Untuk mendapatkan performa yang lebih baik, tentu saja saya akan menyarankan menggunakan gadget yang spesifikasinya lebih unggul dari Realme 5i supaya hasil kerja yang didapat bisa lebih mantap. Jika anda bingung mencari informasi tentang gadget dan teknologi, anda bisa berkunjung ke situs Carisinyal untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi tentang gadget maupun teknologi terbaru dan terupdate, baik itu Hape, PC maupun Laptop dari berbagai merk.

See you next time dan terimakasih sudah mampir.





Lebih baru Lebih lama