5 Rekomendasi Platform atau Situs Belajar Coding Terbaik untuk Anak Sesuai Usia

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE
~ Dijaman sekarang banyak sekali yang menawarkan kelas coding untuk anak-anak, dan di jaman sekarang pula banyak platform belajar coding secara online yang bisa diakses untuk anak-anak. Berikut ini adalah 5 Rekomendasi Platform atau Situs Belajar Coding Terbaik untuk Anak Sesuai Usia yang bisa kalian coba.

1. Scratch (https://scratch.mit.edu)

Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis. Layanan ini dikembangkan oleh MIT Media Lab, dan telah diterjemahkan ke lebih dari 70 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia
Tempat yang cocok bagi anak-anak untuk belajar konsep komputasi dan matematika dengan cara yang menyenangkan.

 

2. ScratchJr (https://www.scratchjr.org)

ScratchJr adalah bahasa pemrograman visual yang dirancang untuk memperkenalkan keterampilan pemrograman kepada anak-anak usia 5–7 tahun. Dengan membuat proyek di ScratchJr, anak-anak dapat belajar berpikir kreatif dan bernalar secara sistematis, meskipun tidak dapat membaca.
Lebih sederhana, platform ScratchJr ini cocok untuk anak usia 5 tahun hingga 7 tahun.

 

3. Code.org (https://code.org)

Code.org adalah organisasi nirlaba dan situs web eponim yang dipimpin oleh Hadi dan Ali Partovi yang bertujuan untuk mendorong masyarakat, terutama siswa sekolah di Amerika Serikat, untuk mempelajari ilmu komputer.
Code.org menyediakan kurikulum belajar coding sesuai dengan usia, usia termuda yang bisa diajak untuk belajar coding yaitu usia 4 tahun.

 

4. Khan Academy (https://id.khanacademy.org)

Khan Academy adalah organisasi pendidikan non-profit yang didirikan pada 2006 oleh Salman Khan, lulusan MIT dan Harvard Business School.
Merupakan platform belajar coding untuk anak yang berbasis test based coding, karenanya ia lebih cocok untuk anak-anak yang sedikit lebih besar, minimal sudah bisa membaca dengan baik.

 

5. Codewars (https://www.codewars.com)

Codewars adalah komunitas pendidikan untuk pemrograman komputer. Pada platform, pengembang perangkat lunak melatih tantangan pemrograman yang dikenal sebagai kata.
Dirancang untuk anak usia menengah ke atas, yaitu mulai usia 16+ tahun. Ini dikarenakan kurikulum yang disediakan oleh Codewars tergolong advanced. Codewars berbasis text coding.

 

Itulah informasi mengenai  "5 Rekomendasi Platform atau Situs Belajar Coding Terbaik untuk Anak Sesuai Usia". Sekarang, belajar coding jadi lebih mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, goodluck!

Lebih baru Lebih lama