3 Faktor Penentu untuk Mendapatkan Uang dari Aplikasi Mobile


KURAZONE
~ Pernah gak sih kalian berpikir bagaimana orang yang membuat aplikasi (atau biasa disebut Developer) mendapatkan keuntungan dari aplikasi atau game yang mereka buat? 

3 Faktor Penentu untuk Mendapatkan Uang dari Aplikasi Mobile

Rupanya, penghasilan tersebut bisa diperoleh dari banyak faktor penentu lho, diantara adalah : 
  1. Pasang iklan, 
  2. Pembelian didalam aplikasi atau In App Purchase, 
  3. Aplikasi berbayar atau Paid App.
Dari 3 faktor penentu tersebut tentunya kalian pernah melihat salah satunya bukan? Nah, darisanalah mereka mendapatkan uang.

#1 Pasang Iklan

Iklan yang terpasang pada sebuah aplikasi maupun game biasanya tampil dengan berbagai macam model dan kasus tertentu. Misalnya :
  • Iklan yang tayang ketika pengguna melakukan scroll, contoh : aplikasi Viu (ketika user melihat daftar episode)
  • Iklan yang tayang ketika pengguna membuka aplikasi/game tersebut atau pengguna diharuskan menunggu loading untuk beberapa detik, contoh : aplikasi VPN, aplikasi pembersih, game offline yang memunculkan iklan ketika terhubung internet.
  • Iklan yang tayang untuk memberikan reward 2x pada pengguna. Trik ini biasanya lebih sering dipakai dalam game ketika pengguna kalah dari permainan atau memenangkan permainan. Seperti: dapatkan reward item 2x lebih banyak dengan menonton iklan atau tambah nyawa dengan menonton iklan. Contoh : game offline, bahkan game Mobile Legends pun juga menyematkan model iklan seperti ini untuk memberikan reward berupa item Ad Ticket.

Dengan menonton iklan yang ditayangkan oleh aplikasi/game tersebut, maka si Developer sudah mendapatkan keuntungan dari iklan melalui sistem CPM. Apalagi kalau iklan tersebut kita klik, atau terjadi installasi atau pembelian dari rujukan iklan tersebut, maka di Developer mendapatkan komisi tambahan lagi dari sistem CPC, CPI ataupun CPA. (info lanjut : check google saja mengenai CPM, CPC, CPI ataupun CPA)

#2 Pembelian didalam aplikasi atau In App Purchase

Untuk yang satu ini, kalian harus membeli menggunakan uang asli. Pembelian dalam aplikasi biasanya menawarkan ke pengguna untuk upgrade aplikasi ke versi Pro atau Premium, atau untuk menghapus/remove iklan dalam suatu aplikasi/game. Pembelian didalam game, biasanya menawarkan untuk membeli item berupa Gold, Diamond atau Gem yang nantinya bisa ditukar dengan item senjata, peti, skin hero maupun fitur langganan berbayar dalam game.


#3 Aplikasi berbayar atau Paid App

Di Play Store, tentunya kalian sudah sering melihat hal ini. Aplikasi atau Game berbayar yang mudah ditemukan pada kategori "PREMIUM". Untuk bisa mendownload atau menginstall aplikasi tersebut, maka kalian diharuskan untuk membayar terlebih dahulu.



FYI
Untuk mengenali aplikasi atau game mana saja yang menerapkan "Pasang Iklan" dan "In App Purchase", maka kalian bisa melihat keterangan yang ada pada aplikasi atau game tersebut. Kalau di Play Store biasanya ada tulisan "berisi iklan" atau "Pembelian dalam apl". Sedangkan untuk "Paid App" bisa ditandai dengan deretan aplikasi/game yang berada pada kategori "PREMIUM" dan menyertakan informasi harga didalamnya.

Contoh aplikasi / game yang menerapkan pasang iklan, pembelian didalam aplikasi dan aplikasi berbayar

Aplikasi VIU : Salah satu aplikasi yang menerapkan pasang iklan dan pembelian didalam aplikasinya 

Jadi, kalau aplikasi atau game nya sudah berbayar, ada iklannya sekaligus banyak yang beli item didalam aplikasi atau game tersebut, maka sudah cuan banyak tuh si Developer. Hehe..

Kadang, ada juga app/game nya yang berperan sebagai middle man seperti dalam situs Fiverr (App Freelance). Dia akan charge 20% dari Buyer dan Seller.

Lalu, bagaimana dengan aplikasi atau game yang real GRATIS tanpa ada embel-embel iklan atau pembelian didalam aplikasinya? Untuk yang satu ini, bisa jadi :
  • Mereka sengaja mengGRATISkan aplikasinya karena dibuat dengan hati yang ikhlas tanpa mendapatkan imbalan berupa uang, sekedar berbagi dan memberi manfaat untuk orang lain.
  • Mereka sengaja mengGRATISkan aplikasinya karena bertujuan untuk mendapatkan audien, kepercayaan dan popularitas.
  • Mereka sengaja mengGRATISkan aplikasinya karena aplikasi tersebut merupakan fitur atau layanan dari perusahaan yang bersangkutan untuk mempermudah pelanggan.
  • Ada juga yang GRATIS tapi open donasi didalam aplikasinya.
Nah, itulah informasi mengenai "3 Faktor Penentu untuk Mendapatkan Uang dari Aplikasi Mobile", jika kalian ada rencana membuat aplikasi mobile, jangan lupa untuk memainkan ide dan kreatifitas kalian. Intinya main kreatif. Semoga informasi ini bermanfaat. See you.....





Lebih baru Lebih lama