Cara Menambahkan Jaringan Polygon (MATIC) di Aplikasi Metamask maupun Browser PC/Laptop

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE
~ Pada artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai Cara Menambahkan Jaringan Binance Smart Chain (BSC) di Aplikasi Metamask maupun Browser PC/Laptop. Kali ini akan dibahas mengenai Cara Menambahkan Jaringan Polygon (MATIC) di Aplikasi Metamask maupun Browser PC/Laptop.
Polygon adalah protokol dan kerangka kerja untuk membangun dan menghubungkan jaringan blockchain yang kompatibel dengan Ethereum. Ini adalah platform yang mudah digunakan untuk penskalaan Ethereum dan pengembangan infrastruktur. Komponen intinya adalah Polygon SDK, kerangka kerja modular dan fleksibel yang mendukung pembuatan dan penyambungan Rantai Aman seperti Plasma, Rollup Optimis, zkRollups, Validium, dll, dan Rantai Standalone seperti Polygon POS, yang dirancang untuk fleksibilitas dan kemandirian. Ini sebelumnya dikenal sebagai Jaringan Matic, dan Anda mungkin melihat versi Poligon ini muncul di beberapa tempat. 
Pada dasarnya, Polygon adalah solusi penskalaan untuk Ethereum dengan adopsi cepat oleh banyak protokol DeFi seperti Curve, Aave, Sushiswap, mStable, dan lainnya. Banyak pengguna senang menggunakan Polygon karena biaya bahan bakarnya yang sangat rendah, dengan biaya transaksi yang lebih murah dari $0,001 dan kecepatan transaksi yang cepat.

Jaringan Polygon (MATIC) tidak langsung muncul secara bawaan dari Metamasknya, sehingga kita sebagai pengguna harus menambahkannya secara manual. Berikut adalah Cara Menambahkan Jaringan Polygon (MATIC) di Aplikasi Metamask maupun Browser PC/Laptop.

Melalui Browser PC/Laptop

#Pastikan bahwa browser anda sudah terpasang Addons Metamask
1. Login ke akun Metamask >> lalu ganti Network nya
2. Pilih Custom RPC


3. Masukkan data dibawah ini berdasarkan kolom yang disediakan
✅ Network Name: Polygon
✅ New RPC URL (PILIH SALAH 1):
  • https://rpc-mainnet.matic.network
  • https://rpc-mainnet.maticvigil.com
  • https://rpc-mainnet.matic.quiknode.pro
✅ Chain ID: 137
✅ Symbol: MATIC
✅ Block Explorer URL: https://polygonscan.com


4. Save / Simpan

SUKSES - Pada bagian Network akan terdapat Polygon


Melalui Aplikasi Metamask (Android/iOs)

#Pastikan anda sudah login ke akun Metamask
1. Buka Menu Pengaturan
2. Pilih Jaringan
Kemudian masukkan data Network seperti diatas
Silakan klik Ethereum Mainnet apabila ingin kembali ke jaringan ETH. Untuk kedepannya anda bisa dengan bebas berganti ke jaringan Polygon lagi, tanpa perlu membuat Custom RPC.
Itulah informasi mengenai Cara Menambahkan Jaringan Polygon (MATIC) di Aplikasi Metamask maupun Browser PC/Laptop. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!

Lebih baru Lebih lama