Cara Mengatasi Blog yang Terkena Malicious Site Warning dan Diblokir oleh Yandex


KURAZONE
~ Halo sahabat Kurazer, beberapa hari ini lalu saya menjumpai ada halaman blog Kurazone yang mengalami Malicious site warning, alias halaman blog dianggap berbahaya. Hal ini saya jumpai ketika mengaksesnya melalui browser Opera (kalau diakses melalui Chrome sepertinya gak ada masalah).

Pesan Malicious Site Warning nya nampak seperti ini:

Diakses via PC menggunakan browser Opera

Diakses via Smartphone menggunakan browser Opera

Ditambah dengan informasi halaman yang tidak aman (pada bagian protokol), padahal alamat blog sudah menggunakan https. Untungnya dalam keterangan yang disampaikan tersebut ada keterangan bahwa laporan tersebut diblokir oleh pihak ketiga, yaitu Yandex. 

Entahlah ini apa hubungannya si Opera sama si Yandex kok bisa si Yandex menyelinap masuk menampilkan pesan Malicious Site Warning kek gitu di browser Opera. Tapi dengan adanya keterangan Yandex tersebut menandakan bahwa laporan Malicious Site Warning dibuat oleh Yandex.

Berikut adalah Cara Mengatasi Blog yang Terkena Malicious Site Warning dan Diblokir oleh Yandex
1. Daftar ke Webmaster Yandex :
2. Biar cepat, Login via akun Google saja. Setelah terhubung, pilih menu GO
3. Klik Tanda plus [+] untuk menambahkan situs


4. Verifikasi menggunakan Meta Tag biar gampang


    • Copy saja meta tag yang diberikan
    • Lalu masuk ke akun Blogger > Pilih Tema > Pilih Edit HTML
    • Paste dibawah <head>
    • Simpan Template kemudian Check dibagian akun Yandex nya
5. Pilih menu Summary
6. Pilih Site Problems
7. Pilih Details pada bagian Fatal




8. Scroll kebawah dan kalian akan menjumpai link artikel yang terkena dampak dari Malicious Site Warning. Selain itu, ada beberapa pesan tentang alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi. Pesan ini bervariasi tergantung apa permasalahannya. 

Dalam hal ini saya mendapati masalah berupa Cryptojacking, yaitu memasang script auto mining pada blog. Untuk mengatasinya, tinggal lepas saja script yang sekiranya dilarang oleh Yandex, lalu klik I've fixed everything lalu pilih Yes


9. Selesai dan tinggal menunggu hasilnya. Prosesnya biasanya membutuhkan waktu yang bervariasi dan bisa saja sampai 2 minggu.

Itulah informasi mengenai "Cara Mengatasi Blog yang Terkena Malicious Site Warning dan Diblokir oleh Yandex" selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!





Lebih baru Lebih lama