Pengertian dan Keuntungan Memakai Reksadana Saham

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE
~ Pengertian reksadana sebenarnya sudah tercantum di dalam Undang-undang Pasar Modal, No. 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat 27. Menurut pasal tersebut, pengertian reksadana adalah sebuah tempat yang dimanfaatkan dalam mengumpulkan sejumlah uang. Adapun sumber uangnya adalah masyarakat pemodal. Namun, pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa itu reksadana, apa itu saham dan apa itu reksadana saham beserta keuntungan memakai reksadana saham.

Apa itu Reksadana?

Reksadana merupakan wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana. Ringkasnya, reksadana adalah kegiatan investasi.
Pemodal yang menginvestasikan dananya melalui reksadana umumnya tidak memiliki banyak waktu dan keahlian. Mereka tidak memiliki keahlian untuk menghitung risiko dari investasi yang mereka lakukan.

Apa itu Saham?

Saham merupakan sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Kata saham sendiri diambil dari bahasa Arab. Dalam literatur fikih, saham diambil dari istilah musahamah yang berasal dari kata sahm bentuk jamaknya ashum atau suhmah yang artinya bagian, bagian kepemilikan. Artinya pemilik saham adalah pemilik perusahaan.

Apa itu Reksadana Saham?

Sedangkan Reksadana Saham adalah jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk saham. Karena mayoritas portofolionya ada di efek saham, maka sifat dan pergerakan reksadana ini mirip dengan sifat dan pergerakan saham. Tujuan investasi reksadana saham adalah untuk pertumbuhan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Risikonya relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap, tetapi memiliki potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi (high risk high return).
Investasi di reksadana saham cocok untuk investasi jangka panjang, di atas 5 tahun. Contoh tujuan keuangan jangka panjang adalah untuk pendidikan anak, liburan ke luar negeri, atau persiapan dana pensiun.

Kelebihan Reksadana Saham

Secara umum, keuntungan Reksadana Saham adalah yang paling menjanjikan dibanding dengan reksadana yang lain. Rata-rata dalam setahun, return yang didapatkan bisa mencapai 20%. Bila ini terjadi dalam jangka 5 tahun, maka return yang didapat dapat mencapai 100%.

Kekurangan Reksadana Saham

Dibalik tingginya keuntungan Reksadana Saham, terdapat risiko yang tinggi pula. Seperti yang telah disebutkan, Reksadana Saham memiliki apa yang disebut high risk high return. Bila return yang didapatkan dapat mencapai 20%, hal ini juga berlaku terhadap risk. Risk yang dicapai biasanya juga menyentuh angka 20%.
Reksadana dirancang sebagai sarana dalam menghimpun dana dari masyarakat. Hal ini berlaku untuk masyarakat yang memiliki modal. Akan tetapi, hanya memiliki pengetahuan dan waktu yang terbatas.  

Manfaat/Keuntungan Memakai Reksadana Saham

1. Manajemen yang profesional

Seperti hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dana yang terkumpul dari pemodal akan dikelola oleh seorang manajer investasi. Ia adalah seorang yang profesional dan sangat ahli dalam hal mengelola dana yang sifatnya terbatas secara waktu.
Manajer investasi tersebut memiliki peran yang sangat penting. Terutama untuk mengelola portofolio yang ada di dalam sebuah reksadana.

2. Diversifikasi investasi

Melalui adanya sebuah diversifikasi investasi, maka hal itu dapat membantu meminimalisir adanya risiko yang ada di dalam portofolio. Meskipun begitu, tetap tidak ada yang dapat menghindari risiko investasi yang ada pada reksadana tersebut.

3. Pengelolaan dana transparan

Manfaat ketiga dari reksadana adalah pengelolaan dana yang dilakukan secara transparan. Informasi dana yang transparan yang berasal dari reksadana dapat dimanfaatkan untuk mengontrol keuangan. Melalui adanya perkembangan portofolio secara berkelanjutan dan perkembangan biaya. Umumnya, pengelolaan dana tersebut akan diterbitkan dengan nilai aktiva yang bersih.
Hal itu dilakukan pada tiap pertengahan tahun. Juga acara tahunan yang diadakan secara teratur. Oleh karena itu, para investor tersebut dapat mengontrol perjembangan dari dana yang diinvestasikannya.

4. Likuiditas yang tinggi

Sebuah likuiditas yang tinggi, akan dapat meningkatkan potensi dari keberhasilan di dalam investasi. Para pemodal tersebut akan melakukan pencairan unit penyertaannya, sesuai dengan ketetapan yang sudah disusun. Tujuannya adalah demi memudahkan para investor dalam mengelola keuangannya.

5. Biaya rendah

Seperti yang diketahui, dana yang ada di dalam reksa dana diperoleh dari sekumpulan investor. Hal tersebut dilakukan secara profesional. Orang yang melakukannya adalah seorang manajer investasi.
Ia akan beriringan dengan kemampuan dalam melakukan investasi. Maka dari itu, biaya trqnsqksi yang dikeluarkan oleh tiap-tiap investor akan terbilang rendah.

6. Minim risiko

Setiap instrumen investasi tentu akan memiliki risiko terkait kerugiannya masing-masing. Termasuk di reksadana ini. Akan tetapi, adanya minat yang tinggi dari para investor kelas menengah ke atas untuk melakukan investasi reksadana akan menunjukan sesuatu. Bahwa risiko dari kerugian di dalamnya dapat dikategorikan minim.

Nah, itulah informasi mengenai "Pengertian dan Keuntungan Memakai Reksadana Saham". Reksadana Saham dinilai mampu mendatangkan keuntungan yang sangat tinggi. Akan tetapi, harus tetap diiringi dengan risiko yang juga tinggi.
Lebih baru Lebih lama