5 Tips Cara Memilih Penginapan yang Nyaman dan Murah untuk Wisatawan Backpacker


KURAZONE
~ Umumnya penginapan murah banyak dicari oleh para backpacker yang memang menghindari hotel berbintang. Memang penginapan adalah salah satu faktor penguras isi kantong jika berkaitan dengan travelling, terlebih untuk kamu yang memang tidak berbudget tebal.
Berikut adalah 5 Tips Cara Memilih Penginapan yang Nyaman dan Murah yang bisa kamu gunakan jika kamu adalah Wisatawan Backpacker

1. Cek Penginapan Menggunakan Agen Travel Online

Kemudahan teknologi membuat para traveler juga semakin mudah mendapatkan berbagai pilihan penginapan. Melalui agen travel online kamu dapat langsung mengecek ketersediaan kamar kosong dan melakukan reservasi dengan mudah.

Beberapa pilihan situs agen pemesanan penginapan online di antaranya adalah traveloka, pegipegi, expedia, booking, hingga airbnb. Kamu bisa menyaring penginapan berdasarkan harga terendah sesuai budget dan standar yang sesuai dengan kamu. Selain itu, melihat fasilitas yang disediakan oleh penginapan tersebut.

2. Kenali Fasilitas

Pengecekan fasilitas tidak hanya dilakukan dengan riset melalui agen online saja, tetapi juga perlu untuk meninjau situs review lain seperti blog ataupun sosial media. Akan lebih baik jika penginapan murah tersebut memiliki laman website sendiri.

Mengecek fasilitas penginapan memerlukan referensi yang banyak, tidak satu atau dua sumber saja. Hal ini disebabkan terkadang apa yang ada di media online tidak sama dengan apa yang ada saat ini. Kemungkinan karena belum update atau sudah ada perubahan.

Bandingkan harga yang ditawarkan apakah sebanding dengan fasilitas yang diberikan agar kenyamanan tidak terganggu saat liburan.

3. Cek Review di Google

Selain mengunjungi sosial media atau website, riset penginapan murah terbaik di Yogyakarta juga dapat dilakukan dengan mengecek google review. Dengan begitu kamu akan dapat melihat testimoni dari orang yang memang sudah menginap di sana.

Google review juga memperlihatkan rate bintang dari hasil review yang sudah dilakukan oleh konsumen sebelumnya. Bintang 4 atau 5 dapat menjadi standar bahwa penginapan tersebut mendapat review positif. Pastikan untuk memilih penginapan murah dengan review yang bagus ya!

4. Pilih Penginapan yang Strategis

Mendapatkan penginapan murah tapi jauh dari destinasi wisata atau tidak strategis juga akan membuat kantong semakin kempes. Kenapa? Karena kamu akan mengeluarkan uang lebih untuk biaya transportasi dan akomodasi lainnya.

Untuk itu pilihlah penginapan murah terbaik di Yogyakarta yang juga terletak di kawasan strategis. Dekat dengan tempat wisata dan kemudahan akses ke berbagai lokasi dapat menghemat dana travelingmu.

Hal tersebut juga akan memudahkanmu dalam berkegiatan atau menjelajahi tak hanya tempat wisata tapi juga pusat kota, pusat perbelanjaan, hingga lokasi wisata kuliner. Cek juga apakah penginapan dekat dengan fasilitas umum seperti mini market hingga warung makan.

5. Reservasi Penginapan Minimal Seminggu Sebelum Keberangkatan

Setelah melakukan semua langkah riset di atas, tips selanjutnya untuk mendapatkan penginapan murah adalah segera melakukan reservasi. Paling tidak lakukan reservasi seminggu dari hari keberangkatan.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu dapat berangkat dengan tenang tanpa perlu terburu-buru untuk mencari tempat penginapan. Di samping itu reservasi lebih awal juga lebih memungkinkan untuk mendapat harga lebih hemat bila dibandingkan dengan pesan di tempat langsung.