Bersihkan Kulit Kepala dari Minyak & Kotoran dengan Dove Micellar Shampoo


KURAZONE ~ Minyak dan kotoran yang menempel pada bagian kulit kepala menjadi permasalahan yang tidak boleh dianggap sepele. Karena apabila dibiarkan bisa mengakibatkan rambut rontok, ketombe bahkan menjadi sarang kutu. Untuk itulah perlu tindakan membersihkan kulit kepala dari minyak dan kotoran secara menyeluruh.

Penyebab kulit kepala kotor

Faktor Alami

Faktor alami merupakan produksi minyak yang berlebih pada kulit kepala dan juga kondisi kulit kepala yang sedang mengelupas. 

Faktor Lingkungan

Terjadi karena adanya kotoran dari asap, polusi, penggunaan produk rambut yang berlebihan, dan lain sebagainya.

Dampak apabila kulit kepala tidak dibersihkan

1. Ketombe

Serpihan putih yang mengotori rambut ini sebenarnya adalah kulit kepala yang mengelupas lebih cepat. Akibatnya, butiran kulit kepala ini menumpuk dan membentuk serpihan. Hal tersebut dapat mengundang pertumbuhan jamur di rambut. 

2. Kutu Rambut

Kutu rambut bisa datang dari sisir, topi atau sikat yang dipakai secara bergantian. Kutu rambut dapat menghisap darah dan menjadi penyebab kulit kepala terasa gatal.

3. Folikulitis

Masalah kulit kepala yang terjadi akibat peradangan pada folikel atau bagian akar rambut yang biasanya ditandai dengan benjolan merah yang menyerupai jerawat bernanah, terasa gatal dan panas.

4. Psoriasis kulit kepala

Penyakit kulit kepala yang ditandai dengan bercak merah bersisik yang tebal seperti plak.

5. Dermatitis Seboroik

Penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur yang dapat menimbulkan ruam, kulit kering bersisik dan terkadang mengelupas layaknya ketombe, dapat mengakibatkan kulit kepala berminyak dan cenderung tampak memerah.

6. Tinea Capitis (kurap)

Infeksi jamur yang menyebabkan bercak kemerahan berbentuk cincin pada kulit. Area yang terserang tersebut akan bersisik dan cenderung botak. Masalah kulit kepala ini dapat menyebar ke area kulit lainnya.

7. Lichen Planus

Kondisi peradangan yang memengaruhi selaput lendir dan kulit, termasuk kulit kepala. Umumya ditandai dengan kulit bersisik dan kemerahan di sekitar folikel rambut, bercak botak dan rasa gatal pada kulit kepala. Jenis penyakit kulit ini dapat meninggalkan bekas luka permanen yang dapat berujung pada kerontokan.

8. Kista Sebasea

Kondisi ketika adanya keratin yang tumbuh berlebihan dan membentuk kantung atau kapsul kecil, biasanya memiliki benjolan halus yang sebenarnya tidak berbahaya di permukaan kulit. Namun, benjolan yang muncul tersebut terjadi akibat beberapa sel yang berada dekat permukaan kulit ikut masuk ke bagian kulit yang lebih dalam. Sehingga, sel tersebut terus berkembang biak membentuk kantung dan menghasilkan keratin. Akibatnya, keratin basah dan menghasilkan zat semacam keju.

9. Alopecia Areata

Kondisi media yang ditandai dengan adanya rambut rontok parah hingga mengakibatkan kebotakan. Apabila sudah pada kondisi parah, kulit kepala akan ditumbuhi bintik kecil yang terasa gatal.

Cara membersihkan kulit kepala

1. Keramas Lebih Sering

Untuk menghindari menumpuknya kotoran di kulit kepala, keramas rutin menjadi hal utama yang harus dilakukan. Keramas dapat mengangkat kotoran-kotoran yang baru saja menempel di permukaan kulit kepala. Sehingga, kotoran tersebut tidak akan menumpuk dipermukaan kulit kepala.

2. Eksfoliasi Kulit Kepala

Eksfoliasi dapat dilakukan dengan cara fisik dan juga kimia. Eksfoliasi fisik dapat dilakukan dengan bantuan alat seperti scalp brush atau sisir khusus yang memang digunakan pada kulit kepala. Sementara untuk eksfoliasi kimia, bisa dilakukan dengan produk yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid.

3. Gunakan Shampoo Khusus

Anda bisa menggunakan Dove Micellar Shampoo yang memiliki formula ringan transparan dan diperkaya dengan Micellar untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh dari minyak & kotoran serta Kalsium Kompleks yang dikenal kaya akan mineral, untuk menutrisi rambut rapuh serta menguatkan rambut dari dalam.

Dove Micellar Shampoo memiliki bahan berupa Water, Sodium Laureth Sulfate, Sodium Chloride, Cocamidopropyl Betaine, Glycerin, Dimethiconol, Perfume, Sodium Benzoate, TEA-Dodecylbenzenesulfonate, Citric Acid, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Laureth-23, Disodium EDTA, Benzophenone-4, Phenoxyethanol, Calcium Glycerophosphate, CI 1720 dan CI 42090 yang sangat cocok untuk membersihkan kulit kepala berminyak dan mengatasi rambut rapuh dari pangkal hingga ujung. 
Hair Boost Nourishment 190ml

Manfaat lain yang bisa diperoleh jika menggunakan Dove Micellar Shampoo diantaranya adalah ..
  • Membersihkan minyak berlebih dan sisa produk yang menumpuk di kulit kepala
  • Mengandung Micellar dan Calcium Complex yang kaya akan mineral dan ampuh membersihkan akar rambut dan memperkuatnya dari pangkal hingga ujung
  • Formulanya ringan sehingga akar rambut terlindungi
  • Cocok untuk kulit kepala berminyak dan rambut rontok

 

Hair Boost Nourishment 430ml

Dove Hair Boost Nourishment Micellar Shampoo yang dilengkapi dengan kandungan Micellar & Calcium Complex. Formulanya yang ringan, ampuh membersihkan minyak dan sisa produk yang menumpuk di kulit kepala, serta menguatkan rambut dari pangkal hingga ujung.

Cara Penggunaan Dove Micellar Shampoo

  • Usapkan pada rambut dan kulit kepala yang basah dengan lembut
  • Pijat hingga berbusa
  • Bilas hingga bersih

4. Lakukan Treatment Kulit Kepala

Selain menggunakan shampoo untuk membersihkan kulit kepala, anda juga bisa melakukan perawatan kulit kepala diberbagai salon atau dokter secara langsung. Treatment ini bertujuan untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menumpuk di permukaan kulit kepala. Tak hanya itu, treatment ini juga dapat membersihkan pori-pori tersumbat dan menghidrasi kulit kepala.

Itulah informasi mengenai "Bersihkan Kulit Kepala dari Minyak & Kotoran dengan Dove Micellar Shampoo", dengan mengetahui informasi ini diharapkan pembaca bisa lebih memperhatikan kebersihan kulit kepala. Jangan sampai kita memiliki masalah kulit kepala hanya karena malas membersihkan diri.