Apa itu QRIS? Cara Penggunaan, Cara Kerja, Manfaat, Kelebihan dan Aplikasi Pembayaran Apa Saja yang Mendukung QRIS

APA ITU QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quality Rating and Improvement System atau Sistem Penilaian dan Peningkatan Kualitas. QRIS adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menilai dan meningkatkan kualitas layanan di bidang pendidikan anak usia dini, seperti taman kanak-kanak dan sekolah dasar. QRIS menggunakan standar dan kriteria yang telah ditetapkan untuk menilai kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh sebuah lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan dari QRIS adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan anak usia dini agar dapat memberikan dampak positif pada perkembangan anak.

MANFAAT DAN KELEBIHAN

Ada beberapa manfaat dan kelebihan yang dapat diperoleh dengan menerapkan sistem QRIS di lembaga pendidikan anak usia dini, diantaranya:
  1. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan: QRIS menetapkan standar dan kriteria yang harus dipenuhi oleh lembaga pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada anak-anak.
  2. Mendorong inovasi dan perbaikan: QRIS mendorong lembaga pendidikan anak usia dini untuk terus berinovasi dan memperbaiki layanan yang diberikan agar dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan.
  3. Membantu dalam perencanaan dan evaluasi: QRIS membantu lembaga pendidikan anak usia dini dalam melakukan perencanaan dan evaluasi terhadap layanan yang diberikan, sehingga dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang ada dan membuat perbaikan yang diperlukan.
  4. Meningkatkan profesionalisme guru: QRIS menuntut guru di lembaga pendidikan anak usia dini untuk memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam memberikan layanan pendidikan.
  5. Memberikan kepastian bagi orang tua: Orang tua dapat memiliki kepastian bahwa lembaga pendidikan anak usia dini yang dipilih telah memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan oleh QRIS.
  6. Meningkatkan kepercayaan masyarakat: QRIS dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan anak usia dini yang telah memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

CARA MENGGUNAKAN QRIS

QRIS (QR Indonesia Standard) adalah sistem pembayaran menggunakan kode QR yang dapat diakses melalui aplikasi pembayaran di smartphone. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan QRIS:
  1. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstall aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS, seperti OVO, LinkAja, atau DANA.
  2. Buka aplikasi pembayaran tersebut dan login dengan menggunakan nomor telepon dan kata sandi yang telah Anda daftarkan.
  3. Pilih fitur "Scan QR" atau "Scan QR Code" yang terdapat pada aplikasi pembayaran Anda.
  4. Ajukan kode QR yang terdapat pada layar kasir atau pada produk yang ingin Anda beli ke kamera smartphone Anda.
  5. Setelah terdeteksi, aplikasi akan menampilkan informasi transaksi, seperti nama toko, jumlah yang harus dibayar, dan keterangan lainnya.
  6. Pastikan informasi transaksi sesuai dengan yang Anda inginkan, lalu tekan tombol "Bayar" atau "Pay" untuk melanjutkan proses pembayaran.
  7. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon Anda jika diperlukan, lalu tekan tombol "Konfirmasi" atau "Confirm" untuk menyelesaikan transaksi.

CARA KERJA QRIS

QRIS (QR Indonesia Standard) adalah sistem pembayaran yang menggunakan kode QR (Quick Response Code) untuk mempermudah proses pembayaran. Berikut ini adalah cara kerja QRIS:
  1. Pengguna harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstall aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS, seperti OVO, LinkAja, atau DANA.
  2. Ketika ingin melakukan pembayaran di toko atau merchant yang menyediakan fitur QRIS, pengguna hanya perlu membuka aplikasi pembayaran dan mengajukan kode QR yang terdapat pada layar kasir atau produk yang ingin dibeli ke kamera smartphone.
  3. Aplikasi akan membaca kode QR dan menampilkan informasi transaksi, seperti nama toko, jumlah yang harus dibayar, dan keterangan lainnya.
  4. Pengguna harus memastikan bahwa informasi transaksi sesuai dengan yang diinginkan, lalu menekan tombol "Bayar" atau "Pay" untuk melanjutkan proses pembayaran.
  5. Jika diperlukan, pengguna harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor teleponnya, lalu menekan tombol "Konfirmasi" atau "Confirm" untuk menyelesaikan transaksi.
  6. Setelah transaksi selesai, aplikasi akan menampilkan notifikasi pembayaran berhasil dan pengguna akan menerima struk pembayaran melalui email atau aplikasi pembayaran.

PERBEDAAN QRIS dengan BARCODE

QRIS (QR Indonesia Standard) dan barcode adalah dua jenis kode yang sering digunakan untuk mempermudah proses pembayaran dan pengambilan informasi. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kedua jenis kode tersebut, yaitu:
  1. Bentuk dan ukuran: QRIS berbentuk kotak dengan garis-garis diagonal di dalamnya, sedangkan barcode berbentuk garis-garis horisontal yang terdiri dari titik-titik hitam dan putih. QRIS biasanya lebih besar daripada barcode.
  2. Cara pembacaan: QRIS dapat dibaca dengan menggunakan kamera smartphone, sedangkan barcode harus dibaca dengan menggunakan mesin pembaca barcode.
  3. Kapasitas informasi: QRIS dapat menyimpan lebih banyak informasi daripada barcode, sehingga lebih fleksibel untuk digunakan dalam berbagai situasi.
  4. Aplikasi yang dibutuhkan: QRIS dapat dibaca dengan menggunakan aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS, seperti OVO, LinkAja, atau DANA. Sedangkan barcode harus dibaca dengan menggunakan mesin pembaca barcode yang tersedia di toko atau merchant.

PENGGUNAAN QRIS untuk PEMILIK USAHA

Jika Anda seorang pemilik usaha yang ingin menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran di toko atau bisnis Anda, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:
  1. Pilih aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Beberapa aplikasi pembayaran yang tersedia di Indonesia adalah OVO, LinkAja, atau DANA.
  2. Unduh dan install aplikasi pembayaran tersebut di smartphone atau komputer Anda.
  3. Daftarkan diri Anda sebagai merchant dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di aplikasi. Pastikan Anda menyertakan informasi yang diperlukan, seperti nama bisnis, alamat, dan nomor telepon.
  4. Setelah terdaftar sebagai merchant, Anda akan menerima kode QRIS yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran di toko atau bisnis Anda.
  5. Pasang kode QRIS tersebut di layar kasir atau tempat yang mudah terlihat oleh pelanggan.
  6. Pelanggan dapat membaca kode QRIS dengan menggunakan aplikasi pembayaran yang terinstall di smartphone mereka, lalu mengikuti langkah-langkah untuk melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tertera di aplikasi.

APLIKASI PEMBAYARAN YANG MENDUKUNG QRIS

Beberapa aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS di Indonesia adalah:
  1. OVO: Aplikasi pembayaran digital yang dikembangkan oleh PT Visionet Internasional. OVO menyediakan fitur pembayaran menggunakan kode QR yang dapat diakses melalui aplikasi di smartphone.
  2. LinkAja: Aplikasi pembayaran digital yang dikelola oleh PT Fintek Karya Nusantara. LinkAja menyediakan fitur scan QR untuk melakukan pembayaran di toko atau merchant yang mendukung QRIS.
  3. DANA: Aplikasi pembayaran digital yang dikembangkan oleh PT Digital Alpha Indonesia. DANA menyediakan fitur scan QR yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di toko atau merchant yang mendukung QRIS.

Selain aplikasi pembayaran di atas, masih ada beberapa aplikasi lain yang juga mendukung QRIS, seperti GoPay, Paytren, dan lain-lain. Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Semoga membantu!



Lebih baru Lebih lama