5 Jenis Ikan Channa yang Sering Ditemukan beserta Harganya


KURAZONE
~ 5 Jenis Ikan Channa yang Sering Ditemukan beserta Harganya | Ikan Channa adalah ikan yang termasuk dalam keluarga Channidae dan merupakan ikan air tawar. Keluarga ini memiliki beberapa jenis yang dikenal sebagai ikan haruan, ikan gabus, atau ikan sidat. Ikan channa umumnya memiliki bentuk tubuh yang panjang dan kurus, dengan garis-garis hitam yang menyilaukan di tubuhnya. Beberapa jenis ikan channa memiliki ukuran yang cukup besar, bahkan bisa mencapai lebih dari 1 meter. Beberapa jenis ikan channa juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi sebagai ikan hias atau ikan konsumsi.

5 jenis ikan channa yang sering ditemukan

Berikut ini adalah 5 jenis ikan channa yang sering ditemukan, beserta keunikannya:
  1. Channa marulius - Jenis ikan ini dikenal dengan nama "Ikan Gabus" atau "Ikan Maskoki". Ukurannya cukup besar, bisa mencapai lebih dari 100 cm. Memiliki tubuh yang berwarna hijau tua dengan garis-garis hitam yang menyilaukan.
  2. Channa striata - Jenis ini dikenal dengan nama "Ikan Haruan" atau "Ikan Sidat". Ukurannya lebih kecil dibandingkan jenis marulius, biasanya tidak lebih dari 30 cm. Memiliki garis-garis hitam yang menyilaukan di tubuhnya yang berwarna coklat kehitaman.
  3. Channa gachua - Jenis ini dikenal dengan nama "Ikan Haruan Kecil" atau "Ikan Kelah Kecil". Ukurannya sangat kecil, biasanya hanya sekitar 10 cm. Memiliki garis-garis hitam yang menyilaukan di tubuhnya yang berwarna coklat muda.
  4. Channa bleheri - Jenis ini dikenal dengan nama "Ikan Haruan Bulat" . Ukurannya juga cukup kecil, biasanya tidak lebih dari 20 cm. Memiliki tubuh yang berbentuk bulat dengan garis-garis hitam yang menyilaukan di tubuhnya yang berwarna hijau.
  5. Channa micropeltes - Jenis ini dikenal dengan nama "Ikan Haruan Gergasi" atau "Ikan Buaya Air". Ukurannya sangat besar, bisa mencapai lebih dari 150 cm. Memiliki tubuh yang berwarna hitam dengan garis-garis putih di sisi tubuhnya.

Harga Ikan Channa

Harga ikan channa dapat bervariasi tergantung dari berbagai faktor seperti lokasi, kondisi ikan, dan jenis ikan tersebut. Namun, berikut ini adalah harga rata-rata dari beberapa jenis ikan channa yang sering ditemukan di pasaran:
  1. Channa marulius - Harga rata-rata untuk ikan ini adalah sekitar Rp 50.000 - 100.000 per ekor, tergantung dari ukurannya.
  2. Channa striata - Harga rata-rata untuk ikan ini adalah sekitar Rp 20.000 - 50.000 per ekor, tergantung dari ukurannya.
  3. Channa gachua - Harga rata-rata untuk ikan ini adalah sekitar Rp 15.000 - 25.000 per ekor, tergantung dari ukurannya.
  4. Channa bleheri - Harga rata-rata untuk ikan ini adalah sekitar Rp 20.000 - 40.000 per ekor, tergantung dari ukurannya.
  5. Channa micropeltes - Harga rata-rata untuk ikan ini adalah sekitar Rp 100.000 - 200.000 per ekor, tergantung dari ukurannya.
Perlu diingat, harga yang saya berikan hanya merupakan estimasi dan dapat berbeda dari harga pasar yang sebenarnya.



Lebih baru Lebih lama