Cara Menaikkan Trafik Blog Tanpa Mengandalkan Iklan - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Cara Menaikkan Trafik Blog Tanpa Mengandalkan Iklan

Pilihan Editor :

Cara Menaikkan Trafik Blog Tanpa Mengandalkan Iklan
Penulis Bagus Surochman
1
Modus malam




KURAZONE ~ Menjadi seorang blogger atau orang yang mengelola sebuah blog tentunya akan berusaha untuk menaikkan trafik pada blognya. Maka dari itu dengan menggunakan iklan akan sangat mudah untuk mempromosikan sebuah blog (seperti FB Ads). Namun apa jadinya jika kondisi kamu merupakan orang yang tidak memiliki dana dalam meng-anggarkan iklan untuk meningkatkan trafik, jika kamu berada di posisi ini maka jangan berkecil hati dulu. Simak ulasan dibawah ini mengenai bagaimana cara menaikkan trafik blog tanpa mengandalkan iklan.


1. Memajang Namamu / Nama Blogmu pada Blog lain

Ketika kamu memulai sebuah blog baru, maka sudah jelas masih banyak orang yang belum mengenal siapa dan apa isi dari Blogmu, untuk itulah pajang namamu pada sebuah blog yang sudah dikenal banyak orang. Seperti situs jual beli (Tokopedia / BukaLapak) maupun sebuah forum (Ads.id / Kaskus / Bersosial). Dengan memasang nama blogmu pada web yang sudah memiliki prioritas tinggi dimata Google tersebut, maka visibilitas blogmu akan mudah untuk dikenal, dan secara perlahan akan menggiring beberapa pengunjung untuk masuk ke dalam blogmu.

Ibarat gadis cilik yang ikut mejeng sama ibuk-ibuk

2. Bergabung pada sebuah Grup yang relevan dan Sering-seringlah menulis.

Bergabung dalam sebuah Grup yang relevan akan memberikanmu ide mengenai apa yang bakal bisa dijadikan topik pada blog, jika kamu memiliki sebuah blog dengan topik game maka bergabunglah dengan grup game - jangan masuk grup budidaya ikan - Ketika sudah menjadi anggota dalam grup, lihatlah beberapa diskusi atau kiriman mengenai permasalahan/keluhan dari beberapa member lain. Keluhan tersebut dapat kamu jadikan bahan artikel agar bisa menjadi solusi bagi member yang berada dalam kesulitan. Jika ada member lain yang menanyakan masalah yang sama maka kamu bisa menyarankan mereka untuk membaca solusinya di blog kamu. Dengan begini komentar yang kamu sampaikan tidak akan dianggap spam oleh member lain karena komentar tersebut relevan dengan apa yang sedang terjadi.


Disamping itu, sering-seringlah menulis. Memiliki blog memang alangkah bagusnya jika terdapat banyak artikel di dalamnya, apalagi artikel yang kamu tulis berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain. Dalam menulis pun kamu juga bisa menanamkan namamu didalamnya seperti layaknya sebuah e-book. Bagikan tulisanmu kepada orang lain, semakin sering kamu menulis dan membagikannya maka semakin cepat blogmu dikenali.
Tetap bagikan tulisanmu kepada orang lain entah itu bermanfaat atau tidak bagi mereka, kamu harus mau membantu orang lain sebelum mengharapkan bantuan dari orang lain. Tulisan yang bermanfaat akan memberikan reputasi yang baik bagi blogmu.

3. Jangan Terobsesi dengan SEO

Setiap pemilik Blog pasti sudah kenal istilah SEO ini, SEO memanglah penting namun untuk menaikkan trafik tidak melulu mengandalkan SEO. Daripada fokus kepada bagaimana menjadi nomor satu, fokuslah kepada menciptakan konten terbaik yang akan berguna untuk para pengunjung blog kamu. Lakukan ini secara konsisten (termasuk di dalamnya menyediakan UX/UI, seperti navigasi dan kecepatan web) maka kamu sudah berada di jalur yang tepat. Di masa awal startup, konsentrasilah pada long tail keyword untuk mengurangi kompetisi dengan para pemain besar.



4. Bermain Jujur

Dalam menaikkan trafik blog alangkah baiknya jika kamu bermain jujur, arti kejujuran disini adalah pengunjung murni datang dari penelusuran google atau backlink dari media sosial dimana kamu membagikan artikel (organik visitor). Jangan menggunakan cara yang kotor seperti Jingling, Spam dimana-mana, menggunakan Bot Trafik, Doorway Pages, Cloaking, Keyword Stuffing, Spam Backlink dll. Sebaiknya hindari tindakan kotor seperti itu. 


Untuk bermain jujur, kamu juga bisa menjadi penulis tamu di blog lain, karena dengan menjadi guest blogger biasanya kita akan mendapatkan backlink berkualitas dari pemilik blognya. Atau bisa juga menjadi member yang aktif di forum-forum yang memperbolehkan menautkan link pada bagian signature.

Cara - cara diatas memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan, memang sih menyewa jasa iklan seperti FB Ads akan jauh lebih mudah dalam mendatangkan trafik, namun jika kamu ingin memiliki sebuah blog yang ingin mandiri maka kamu juga harus mau untuk melakukan banyak hal seperti berbagi, menulis, bertemu banyak orang, serta berpikir kreatif.
Pesan :
Dari ulasan diatas perlu digarisbawahi bahwa ada prinsip yang bisa kamu benamkan dalam diri : kamu harus mau membantu orang sebelum mengharapkan bantuan dari orang lain. Beri manfaat pada orang-orang di sekitarmu, niscaya manfaat itu akan kembali berkali-lipat kepadamu.
Itulah ulasan mengenai "Cara Menaikkan Trafik Blog tanpa Mengandalkan Iklan", jika kamu merasa ada poin yang saya lewatkan dalam ulasan kali ini maka jangan malu-malu untuk memberikan kritik maupun saran melalui kolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Disclaimer : Artikel ini pernah dipublikasikan di situs www.sotazone.net dan kini telah dialihkan publikasi di Kurazone Blog
nanio
Cara Menaikkan Trafik Blog Tanpa Mengandalkan Iklan
Cara Menaikkan Trafik Blog Tanpa Mengandalkan Iklan Cara Menaikkan Trafik Blog Tanpa Mengandalkan Iklan Reviewed by Bagus Surochman on 6/21/2018

1 komentar:

  1. Yang saya tangkap, point utamanya "Membuat Konten Yg Bermanfaat".....

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.