Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan?

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.


KURAZONE
 Setiap orang tentu saja ingin mempunyai tubuh yang ideal dan juga proporsional. Manusia bisa dikatakan profesional ketika mempunyai tinggi badan yang ideal atau sesuai.

Akan tetapi, ketika membicarakan mengenai tinggi badan pada manusia juga dipengaruhi dengan beberapa faktor. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai beberapa faktor yang berpengaruh dengan tinggi badan bisa simak lebih lengkapnya di bawah ini.

/ image / Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Tinggi Badan

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa setiap tinggi badan seseorang berpengaruh terhadap beberapa faktor. Beberapa faktor mempengaruhi tinggi badan seperti diulas oleh Pickybest.id bersama dokter spesialis gizi adalah sebagai berikut.

1. Faktor Genetik

Faktor genetik kali ini adalah pengaruh terhadap tinggi kedua orangtua. Rumus yang bisa digunakan untuk memperkirakan tinggi badan berdasarkan tinggi orang tua adalah:

  • Anak dengan jenis kelamin laki-laki = ( Tinggi badan ibu + 13 ) + tinggi ayah dalam hitungan centimeter dibagi dengan kurang lebih 8,5 centimeter.
  • Anak dengan jenis kelamin perempuan = ( Tinggi badan ayah - 13 ) + tinggi ibu dalam hitungan centimeter dibagi menjadi 2 dan kurang lebih 8,5 centimeter.

Gen yang memberikan pengaruh tinggi terhadap tinggi badan seseorang sering disebut dengan HMGA2. Untuk perubahan yang berada di sebuah huruf dasar pada kode genetik HMGA2 adalah Cytosine yang mempunyai pengaruh tinggi badan pada seseorang.

Seseorang bisa mendapatkan Cytosine pasti salah satu orang tuanya mempunyai tinggi setengah centimeter dengan hanya memilih Thymin. Apabila seseorang mempunyai Cytosin ganda, maka ia akan lebih tinggi satu centimeter dibandingkan yang memilih Thymin ganda.

2. Faktor Nutrisi

Mempunyai nutrisi yang cukup bisa dilakukan dengan banyak mengonsumsi makanan protein, kalsium dan juga olahraga secara cukup. Untuk proses pemadatan tulang akan berhenti ketika seseorang sudah mempunyai usia di 35 tahun.

Untuk lebih menunjang pertumbuhan tulang yang lebih baik lagi, maka tubuh manusia membutuhkan vitamin D, kalsium dan juga fosfor. Selain itu, juga manusia harus mempunyai protein hewani seperti hewan, ayam, ikan, seafood dan putih telur.

Selain itu, untuk protein nabati bisa didapatkan pada makanan tahu, tempe, kacang tanah, kacang hijau dan kacang polong. Apabila semua nutrisi sudah tercukupi, anda tidak perlu lagi untuk mengonsumsi beberapa suplemen khusus, termasuk konsumsi susu penambah tinggi badan yang saat ini mudah ditemukan di pasaran.

3. Faktor Aktivitas

Untuk mendapatkan tinggi badan yang baik juga mempunyai pengaruh dengan faktor aktivitas. Salah satu aktivitas yang bisa menambah tinggi badan secara cepat adalah olahraga.

Untuk beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah memberikan beban pada tulang panjang kaki. Pada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah lompat tali, jogging, basket dan masih banyak lainnya.

Dengan melakukan beberapa kegiatan olahraga tersebut akan memberikan tulang rangsangan tumbuh semakin lebih panjang. Selain itu, untuk berat tubuh pada badan juga bisa mengalami penurunan.

Tips Mendapatkan tinggi Badan Ideal

Setelah membahas mengenai beberapa faktor yang memberikan pengaruh terhadap tinggi badan, ada juga tips juga bisa digunakan. Untuk beberapa tips yang bisa digunakan adalah:

  • Mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang pada setiap hari. Paling terpenting anda mengonsumsi pada makanan yang mempunyai tinggi kalsium, fosfor dan protein.
  • Melakukan olahraga secara teratur. Untuk menambah tinggi badan bisa memilih jenis olahraga yang mempunyai rangsangan tulang supaya lebih cepat menambah tinggi badan.
  • Mempunyai istirahat yang cukup. Mempunyai istirahat yang cukup juga menjadi salah satu faktor paling penting untuk mendapatkan tinggi badan ideal.

Paling terpenting untuk mendapatkan tinggi tubuh yang ideal bisa lebih banyak mengonsumsi air putih. Dengan banyaknya mengonsumsi air putih ini bisa memberikan tubuh lebih bugar dan bisa menjalankan aktivitas secara optimal.

Baca juga Alasan Jangan Minum Kopi Ketika Perut Kosong

Itulah penjelasan secara lengkap mengenai tiga faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap tinggi badan seseorang. Besar harapan setelah adanya penjelasan mengenai tiga faktor tersebut tidak ada lagi orang yang merasa resah ketika mempunyai tinggi tidak sesuai.

Lebih baru Lebih lama