Panduan Blogger #1 - Membuat Akun Blogger - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Panduan Blogger #1 - Membuat Akun Blogger

Pilihan Editor :

Panduan Blogger #1 - Membuat Akun Blogger
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam




KURAZONE _ Panduan Blogger #1 ~ Di jaman modern ini memiliki sebuah blog adalah nilai plus bagi sang pengelola, karena dengan adanya blog tersebutlah seseorang bisa membuat sebuah halaman berupa postingan maupun berita, bahkan dengan adanya blog juga seseorang bisa mempromosikan sebuah jasa atau produk untuk dijual. Dalam membuat blog pun sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya adalah kita tinggal bikin akun nya saja, lalu susahnya adalah konsisten dan bertanggungjawab dalam mengelola blog yang telah dibuat tersebut.
PENTING : Sebelum anda membuat blog pertama anda, tentukan terlebih dahulu topik apa yang akan anda bahas, serta tentukan nama blog yang memberikan ciri khas pada blog anda. Contoh : Nama Blog adalah "My Cooking Blog", yang nantinya akan berisi topik tentang masak memasak, resep masakan ataupun hasil masakan (jangan diisi dengan topik merawat kucing dan anjing).
Nah, setelah anda menentukan nama dan topik yang akan dibahas pada blog pertama anda maka langsung to the point saja
  1. Silahkan anda buat akun Google+ terlebih dahulu atau langsung daftar di situs www.blogger.com. (jika sudah punya akun G+ maka tinggal Login ke Blogger.com)
  2. Setelah berhasil masuk ke akun Blogger.com, lihat bagian kiri atas dekat logo Blogger. Akan ada tulisan New Blog, pilih New Blog atau Blog Baru
  3. Masukkan nama Blog.
  4. Masukkan URL blog (alamat yang anda masukkan harus tersedia)
  5. Pilih tema / tampilan blog
  6. Pilih Buat Blog

Dari sini anda sudah berhasil membuat Blog pertama anda. Selanjutnya pada bagian Beranda pada akun Blogger, akan nampak beberapa menu yang berada dibagian kiri dengan tampilan seperti gambar dibawah ini
Dalam mengelola Blog tentunya kita harus tahu beberapa fungsi dari menu-menu tersebut. Berikut adalah fungsi dari menu-menu pada Beranda akun Blogger.

  1. Pos
    Menu ini berfungsi untuk membuat halaman posting, tempat dimana kalian bisa mencurahkan segala informasi yang kalian miliki, baik berupa curhatan, pengalaman, tutorial, berita, pengumuman dan sebagainya. Lebih sederhananya adalah tempat dimana kita bisa membuat artikel lalu dipublikasikan kedalam Blog. Di menu Pos inilah kalian bisa mengetahui mana saja artikel yang sudah dipublikasi, masih berada dalam bentuk draft, ataupun artikel yang di-import. Sayangnya Blogger tidak menyediakan fitur tempat sampah pada Pos, sehingga apabila ada artikel yang kita hapus, maka artikel tersebut tidak bisa dipulihkan.
  2. Statistik
    Menu ini berfungsi untuk melihat seberapa banyak kunjungan yang terjadi pada Blog anda, mulai dari data statistik Sekarang (terkini), Kemarin, Mingguan, Bulanan, dan Semua periode. Dengan adanya menu ini anda bisa mengetahui perkembangan blog beserta seberapa sering artikel anda dikunjungi. Statistik pada Blog juga menampilkan asal sumber lalu lintas dan kunjungan dari negara mana serta dikunjungi oleh pengguna browser apa.
  3. Komentar
    Menu ini untuk mengetahui siapa saja yang sudah berkomentar pada Blog anda, baik komentar yang disetujui, komentar spam, maupun komentar yang masuk kedalam moderasi. Di menu Komentar inilah kalian bisa memanajemen komentar.
  4. Kampanye
    Menu ini berfungsi untuk mengiklankan blog anda agar lebih dikenal oleh banyak orang, menu ini sangat cocok apabila anda ingin menjalankan / mempromosikan sebuah bisnis dimana kampanye bisnis akan diiklankan secara global maupun lokal. Istilah lain dari kampanye ini sering disebut juga dengan Adwords (sebuah layanan dari Google untuk membantu mengiklankan bisnis anda)
  5. Laman atau Halaman
    Menu ini berfungsi untuk menciptakan sebuah halaman (bukan artikel), sering digunakan untuk pembuatan Disclaimer, Privacy Police, Term of Service, Contact Us, About, dan sebagainya.  
  6. Tata Letak
    Menu ini berfungsi untuk memanajemen beberapa komponen atau gadget pada blog, mulai dari gadget yang berbentuk HTML/Javascript, Subscribe Email, Popular Post, Artikel Terkini, List Menu, Pages dan sebagainya yang bisa kalian geser, tambah, hapus, edit maupun dikunci.
  7. Tema
    Menu ini berfungsi untuk mendesain tampilan pada blog anda, dalam menu ini anda akan bertemu dengan beberapa teks kode yang biasanya disebut dengan HTML, CSS, Javascript ataupun jQuery. Didalam menu inilah kalian bisa mengganti template kalian secara berulang-ulang, meng-import ataupun meng-export template, menambahkan CSS maupun HTML, mensetting Mobile Friendly, meletakkan kode hasil Parse dan masih banyak lagi.
  8. Setelan
    Menu ini berfungsi untuk mengatur Setelan Dasar pada blog anda, mulai dari pengaturan komentar, pos, email, bahasa, tanggal, preferensi penelusuran, setelan pengguna dan sebagainya.
  9. Penghasilan
    Menu ini akan terbuka jika settingan bahasa anda adalah USA, yang berfungsi untuk mengetahui berapa pendapatan dari Blog yang anda kelola. Namun tentunya Blog anda harus terhubung dengan Google Adsense terlebih dahulu.
Sebagai langkah awal anda dalam mengelola blog, maka cobalah untuk membuat postingan pertama anda melalui menu Pos, tulis apa yang ada dalam pikiran anda lalu publikasikan. Selanjutnya adalah tinggal bagaimana cara anda untuk mengelola blog anda agar tetap konsisten update dan terkenal seperti blog-blog yang lainnya. Jangan lupa untuk membagikan URL / alamat blog anda melalui sosial media agar blog anda makin dikenali oleh banyak orang.

image by ; @sotazone

Perlu diingat kembali bahwa membuat blog itu gampang-gampang susah. Jika anda sayang dengan blog anda maka anda pasti tidak akan menelantarkannya. Sejelek apapun blog anda, tetaplah bersyukur dan bangga dengan hasil karya anda, karena belum tentu orang lain bisa memiliki blog seperti anda.
Itulah ulasan mengenai "Panduan Blogger #1 - Membuat Akun Blogger", semoga dengan adanya ulasan ini bisa mempermudah para pemula yang ingin memiliki sebuah blog. 

FYI
Blog adalah singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. sumber : wikipedia
nanio
Panduan Blogger #1 - Membuat Akun Blogger
Panduan Blogger #1 - Membuat Akun Blogger Panduan Blogger #1 - Membuat Akun Blogger Reviewed by Bagus Surochman on 5/25/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.