Cara Submit Sitemap Blog ke GWT (Google Webmaster Tools) - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Cara Submit Sitemap Blog ke GWT (Google Webmaster Tools)

Pilihan Editor :

Cara Submit Sitemap Blog ke GWT (Google Webmaster Tools)
Penulis Bagus Surochman
2
Modus malam




KURAZONE ~ Seperti yang kita ketahui, Sitemap sebenarnya adalah peta situs web/blog. Ketika perayap Google menjelajahi pengindeksan pada Blog baru atau halaman Blog dalam database-nya , Blog baru biasanya tidak terjawab atau belum terindeks, karena tidak ada proposal atau pengajuan sitemap terhadap Blog tersebut untuk diindeks (meskipun pada akhirnya Si Perayap akan mengindeksnya juga dalam waktu yang cukup lama).

Oleh sebab itu - agar Blog yang kita kelola segera diindeks oleh Si Perayap ini, maka kita perlu mengajukan proposal pengajuan sitemap.
Sitemap adalah file XML atau HTML yang berisi semua URL halaman di dalam blog.

Sitemap terbagi menjadi HTML dan XML

1 Sitemap HTML
Membantu Si Pengunjung untuk lebih mudah menavigasikan blog.

2 Sitemap XML
Membantu Si Perayap mesin telusur untuk lebih mudah menavigasikan blog dan melihat struktur HTML pada Blog (mencakup Title, Deskripsi, Keyword, Author, Label, dll.).

Tujuan Submit Sitemap ke GWT

Saat mengirimkan Sitemap XML ke Google Webmaster, ini akan membantu Si Perayap mesin telusur untuk menemukan semua URL di situs Blog dan menambahkannya ke basis data mereka.

Ada berbagai bagian sitemap yang mempengaruhi tingkat perayapan blog, diantaranya seperti ukuran peta situs, jumlah URL di peta situs, prioritas pengindeksan laman di blog, frekuensi pembaruan, dll.

Dengan adanya perayapan Sitemap tersebut, Blog kita akan lebih mudah dikenali oleh mesin penelusur, sehingga saat ada Pengunjung yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan artikel pada Blog kita, maka penelusur akan menyarankan artikel kita pada hasil penelusurannya. Ini menjadi faktor penting supaya Blog kita berada di penelusuran Google.

Cara Submit Sitemap Blog ke GWT

1. Masuk ke Google Webmaster Tools
Pastikan bahwa akun kalian sudah melakukan verifikasi blog, jika belum maka ikuti petunjuknya disini : Cara Submit URL Blog ke GWT (Google Webmaster Tools)
2. Pilih Property Blog yang ingin di submit
3. Pilih Menu Perayapan >> Pilih Sitemap atau Peta Situs


4. Pada bagian sebelah kanan, Pilih Tombol "Tambahkan / Uji Peta Situs"

5. Masukkan teks : "sitemap.xml" (tanpa tanda kutip), kemudian Kirim

6. Tunggu proses, lalu Segarkan Halaman

7. Selamat, Sitemap blog kalian telah terkirim.

TIPS :
Lakukan submit ulang atau Kirim kembali sitemap.xml nya setiap ada artikel baru yang dipublikasi. Ini bertujuan untuk membuat Si Perayap Google segera mengindeks artikel baru tersebut. 


Namun alangkah baiknya jika diimbangi dengan Fetch as pada artikel baru tersebut. Cara melakukan Fetch as juga sudah dijelaskan pada artikel : Cara Submit URL Blog ke GWT (Google Webmaster Tools)

Itulah informasi mengenai "Cara Submit Sitemap Blog ke GWT (Google Webmaster Tools)", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck !!
nanio
Cara Submit Sitemap Blog ke GWT (Google Webmaster Tools)
Cara Submit Sitemap Blog ke GWT (Google Webmaster Tools) Cara Submit Sitemap Blog ke GWT (Google Webmaster Tools) Reviewed by Bagus Surochman on 5/14/2018

2 komentar:

  1. Dari sekian banyak googling cara membuat site map ini artikel di blog ini yang paling gampang dan dangat membantu, terimakasih banyak sukses selalu salam dari bloger pemula

    BalasHapus
  2. Muter-muter di google cari cara mengatasi sitemap html yang terdeteksi error pada GWT dan disaran kan menggunakan extensi xml, banyak yang menjelaskan caranya namun ribet, di blog ini di jelaskan secara gamblang dan mudah plus gambar, sukses selalu, salam dari bloger pemula

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.