Pengertian SEO dan Teknik Dasar SEO - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Pengertian SEO dan Teknik Dasar SEO

Pilihan Editor :

Pengertian SEO dan Teknik Dasar SEO
Penulis Bagus Surochman
0
Modus malam




KURAZONE ~ Berbicara mengenai dunia blogging apalagi jika dikaitkan dengan SEO pastilah tidak akan habis jika dibahas, topik yang satu ini memang menarik dan banyak sekali penjabarannya. Sekaligus menjadi hal yang wajib diketahui oleh pemain Blogger agar blog yang dikelolanya dapat tampil di penelusuran Google.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai "Pengertian SEO dan Teknik Dasar SEO", meskipun sudah banyak sekali blog - blog sebelumnya yang pernah membahas tentang SEO namun disini saya akan berbagi inti dasar dari SEO.

PENGERTIAN SEO

Seperti yang kita ketahui selama ini, bahwa SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui search engine menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau alogaritma search engine tersebut.

Dengan begitu, ada beberapa faktor penentu yang dapat mempengaruhi SEO, diantaranya adalah :
1. Optimasi On Page
2. Eksternal Link
3. Trafik
4. Sosial Media
5. Pengaturan Server


#1 OPTIMASI ON PAGE

OPTIMASI ON PAGE adalah permainan keyword dan meta tag. Bagaimana kita menganalisa kata kunci yang banyak digunakan orang di search engine dan memasukkannya ke dalam tulisan kita. Tantangannya adalah menggabungkan keyword-keyword tersebut menjadi kalimat yang enak dilihat dan dibaca. Sedangkan meta tag adalah ringkasan artikel kita yang ditujukan kepada spider/perayap.

#2 EKSTERNAL LINK

Yang perlu anda ketahui dari EKSTERNAL LINK adalah tidak semua link memberikan nilai yang sama di mata mesin pencari. Ada link yang bernilai tinggi dan ada juga link yang dianggap sampah oleh Google. Satu Link dari website yang bermutu lebih tinggi nilainya daripada 100 link dari website biasa.

#3 TRAFIK

Tidak semua TRAFIK memberikan nilai positif bagi website kita. Nilai traffic ditentukan oleh bounce rate dan time on site.
Jika salah satu pengunjung masuk website kita melalui Google dan dalam waktu kurang dari beberapa detik keluar maka nilai bounce rate kita akan tinggi dan bernilai negatif. Sebaliknya jika pengunjung tersebut betah dan membuka – buka artikel lainnya, maka time on site kita bernilai positif dan bounce rate rendah.

#4 SOSIAL MEDIA

SOCIAL MEDIA adalah Facebook, Twitter, Google Plus dan lain-lainnya yang menyediakan profil page gratis untuk kita. Nilainya ditentukan dari seberapa banyak pengikut kita dan interaksi antara website dengan social media kita. Ingat, 10.000 followers yang aktif jauh lebih bernilai daripada 50.000 followers yang pasif. Jadi, jangan asal like this dan like that !

#5 PENGATURAN SERVER

PENGATURAN SERVER adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan hosting kita. Jika data kita sering tidak dapat diakses, lambat dan sering down maka website kita dinilai jelek oleh Google. Pilihlah penyedia domain dan hosting yang murah, bukan yang murahan. Sekali website berdiri, maka hubungan kita dengan mereka seumur perusahaan kita.

Faktor Dominan SEO

Secara garis besar, teknik SEO dapat dibagi menjadi dua bagian:
  • Faktor Internal, dapat kita kerjakan di ruang lingkup sendiri
  • Faktor Eksternal,  pengaruh dari luar yang tidak dalam kekuasan kita
Faktor Internal meliputi On Page Optimization dan  Server Performance. Dari sinilah muncul istilah "Content is a King". Isi website yang berkualitas akan mendatangkan pengunjung, mendapatkan eksternal link dan akhirnya muncul di halaman pertama pencarian Google.

Sedangkan Eksternal link, Sosial Media dan Traffic adalah faktor eksternal yang diluar kekuasaan kita. Namun bukan berarti kita tidak berbuat apa-apa terhadap faktor eksternal seo ini. Jika faktor internal berhubungan dengan perhitungan matematis, maka faktor eksternal berhubungan dengan kreatifitas. Beberapa orang melakukan tukar link website, membeli link, memasang iklan dan menulis komentar di blog lain. Itulah kreatifitas !

KESIMPULAN

Ada satu faktor lagi yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang, yaitu User ExperienceApakah mencari informasi di website perusahaan anda itu mudah ? Apakah tujuan tiap-tiap halaman website anda jelas ? Apakah pengunjung bisa mengerti maksud dan isi tulisan anda ? Apakah website anda menyelesaikan masalah mereka ?

Kita boleh bermain – main dengan teknik SEO dan menjadi nomer satu di Google, tetapi jika anda melupakan tujuan utama anda, maka sia-sialah usaha anda. Buatlah website untuk manusia dan bantulah Google dengan SEO anda. Itulah  Pengertian SEO dan Teknik Dasar Tentang SEO, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum

Sumber : http://membuatwebs.com/
nanio
Pengertian SEO dan Teknik Dasar SEO
Pengertian SEO dan Teknik Dasar SEO Pengertian SEO dan Teknik Dasar SEO Reviewed by Bagus Surochman on 7/01/2018

Tidak ada komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.