Panduan Blogger #11 - Membackup Template Blog - Kurazone Blog | Panduan Belajar Blogger Pemula

Panduan Blogger #11 - Membackup Template Blog

Pilihan Editor :

Panduan Blogger #11 - Membackup Template Blog
Penulis Bagus Surochman
1
Modus malam



KURAZONE ~ Panduan Blogger #11 - Pada ulasan yang kemarin kita telah mempelajari bagaimana mengganti template, sekarang kita akan mempelajari bagaimana Cara Memback-up Template Blog

Bagi seorang pemula, back-up template ini sangatlah penting. Karena mereka yang masih mempelajari tentang template akan sering melakukan ekperimen terhadap template nya, sehingga peristiwa error pada template pun kerap terjadi. Untuk mengembalikan template ke posisi awal, maka kita perlu menggunakan file back-up template tersebut.
Sangat disayangkan apabila kita sudah terlanjur berhasil men-setting optimasi SEO pada template, lalu tiba - tiba template rusak dan tidak bisa dikembalikan 😫.
Tujuan melakukan back-up ini adalah mencadangkan file template yang sudah kita pakai dalam blog, langkah ini dilakukan supaya kita memiliki file yang nantinya bisa digunakan untuk berjaga-jaga ketika Template terjadi kesalahan desain saat kita merombaknya. Atau file back-up tersebut juga bisa gunakan pada blog lain supaya memiliki tampilan blog yang sama.

Langkah ini juga bisa digunakan oleh Desainer Blog untuk memback-up hasil rombakan template nya, lalu dijual kepada orang lain.

Meskipun pengetahuan ini sangatlah sepele, namun manfaatnya sangatlah penting. Untuk itulah simak baik-baik Panduan Blogger #11 - Membackup Template Blog berikut ini :

1. Buka akun Blogger
2. Pilih Menu Tema
3. Pilih Backup / Pulihkan


4. Pilih Download Tema

5. Tunggu proses download selesai

Setelah proses Download selesai, simpan baik-baik file back-up an kalian. File tersebut biasanya berekstensi .XML

Jika kelak terjadi kerusakan pada template blog kalian, maka tinggal upload kembali file back-up nya kedalam template, cara uploadnya sudah dibahas pada pertemuan ke #10 kemarin :
Jika kita sudah mengetahui cara melakukan back-up template dan mengembalikannya maka kita bisa bermain-main dengan kode - kode yang terdapat pada template.
Itulah informasi mengenai "Panduan Blogger #11 - Membackup Template Blog", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck !
nanio
Panduan Blogger #11 - Membackup Template Blog
Panduan Blogger #11 - Membackup Template Blog Panduan Blogger #11 - Membackup Template Blog Reviewed by Bagus Surochman on 6/29/2018

1 komentar:

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.