Penjelasan HTTP HTTPS dan Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia

KURAZONE Penjelasan HTTP HTTPS dan Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia ~ Halo sahabat Kurazer, bagaimana kabar kalian? Masih aktif ngeblog kan? Semoga saja masih konsisten update konten di blognya masing - masing. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai "Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia". 

PERBEDAAN HTTP HTTPS

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi di bidang keamanan (secure). HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa. Saat ini, penggunaan HTTPS sangat digemari oleh para Webmaster Blog dan Website. Sehingga mulai banyak bermunculan penyedia SSL yang menjamur di negara Indonesia, hanya saja masih ada beberapa teman - teman kita yang belum mengetahui penyedia SSL mana yang terbaik di Indonesia. Untuk itulah artikel ini saya ulas sebagai rekomendasi kepada para sahabat Kurazer yang ingin mencari "Penjelasan HTTP HTTPS dan Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia".

KENALI DULU APA ITU SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, merupakan protokol keamanan yang banyak digunakan pada transaksi online ataupun sebagai keamanan transaksi di internet. Dari SSL inilah protokol transport seperti TCP akan diubah menjadi sebuah saluran komunikasi aman. 

Ketika pengunjung mengunjungi situs yang menggunakan teknologi SSL, maka akan tercipta link yang terenkripsi antara sesi browser milik pengunjung dan web server. Situs yang sering menggunakan saluran aman seperti ini biasanya berhubungan erat dengan pembelian produk maupun pertukaran uang, seperti Paypal maupun Layanan Internet Banking.

Ciri - ciri tersedianya SSL pada web ditandai oleh ikon gembok bewarna hijau pada URL Web / Blog, atau bisa juga diketahui dari bentuk URL pada Web / Blog apakah menggunakan http atau https.

Contoh URL tanpa SSL : http://www.kurazone.net
Contoh URL disertai SSL : https://www.kurazone.net

Keterangan http https tersebutlah yang membedakan apakah sebuah situs / blog menggunakan SSL atau tidak.

Kesimpulannya : SSL adalah komunikasi web yang aman digunakan untuk melindungi berbagai macam transaksi online setiap hari nya.

Sedangkan untuk web yang menggunakan SSL haruslah memiliki SSL Certificate (Serifikat SSL).


APA YANG DIMAKSUD SSL CERTIFICATE?

Sebelum membuat koneksi SSL, web yang bersangkutan harus memiliki Sertifikat SSL. Dimana keberadaan Sertifikat SSL ini bisa diibaratkan sebagai paspor elektronik yang mendapatkan kredensial entitas online saat berbisnis di Web.

Apabila ada pengguna Internet atau Pengunjung yang mengirimkan informasi rahasia ke server Web, maka browser milik pengunjung tersebut akan mengakses sertifikat digital server, lalu melakukan koneksi aman. Sertifikat SSL yang diakses bisa meliputi informasi berikut ini : 
  1. Nama pemegang sertifikat
  2. Nomor seri dan tanggal kedaluwarsa sertifikat
  3. Salinan kunci publik pemegang sertifikat
  4. Tanda tangan digital dari otoritas penerbit sertifikat

MANFAAT YANG DIPEROLEH JIKA MENGGUNAKAN SSL CERTIFICATE

Beberapa manfaat dibawah ini mungkin banyak yang belum mengetahui nya, sehingga banyak pengelola web / blog mengabaikan manfaat dari SSL tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat SSL untuk Web / Blog :

1. Memberikan perlindungan kepada informasi pribadi pengguna. 
Banyaknya layanan e-commerce dan internet banking di jaman sekarang ini telah membuat banyak orang untuk memberikan informasi personal ke berbagai website, terutama saat melakukan transaksi. Hal seperti ini akan sangat beresiko jika website yang digunakan tidak menggunakan layanan SSL. Seseorang bisa saja mencuri informasi bahkan memanipulasi data yang masuk.

Dengan adanya SSL, pengiriman informasi dapat terjamin keamanannya secara online. Jadi, apabila sahabat Kurazer, mendapati sebuah Web / Blog yang tidak disertai layanan SSL, maka jangan coba –coba untuk memasukkan informasi pribadi, email, password, dan data-data personal lainnya kedalam web tersebut. Ini adalah salah satu alasan mengapa SSL sangat penting untuk website terutama toko online.

2. Memberikan kesan aman dan terpercaya
Jika website yang kalian miliki merupakan bagian dari perusahaan atau bisnis/brand yang serius kalian kelola, tentunya sebuah kepercayaan dan kesan aman pada web/blog yang bersangkutan sangatlah diperlukan.


Banyak sekali perusahaan atau pemilik usaha menggunakan layanan SSL tersebut agar produk pada web nya dapat memberikan informasi mengenai keaslian produk, terjamin transaksinya dan terjaga kerahasiaan data pribadi pelanggannya. Tanpa adanya SSL atau ikon gembok warna hijau pada URL web, maka web/blog dapat memberikan kesan negatif dan perasaan ragu bagi pelanggan yang akan melakukan transaksi.

3. Peningkatan SEO pada Web
Ini merupakan salah satu poin tambahan apabila web/blog menggunakan layanan SSL, pada hasil penelusuran Google Search Engine, biasanya Protokol HTTPS nya juga akan ditampilkan. Sehingga pengunjung bisa mengetahui bahwa web yang akan mereka kunjungi adalah web yang aman dan terpercaya.


Meskipun begitu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi SEO pada web. Diantara seperti usia Blog dan Domain, kata kunci yang digunakan, DA PA, backlink dan sebagainya. Optimasi tersebut akan semakin maksimal apabila web menggunakan SSL, karena faktanya Google mengutamakan website yang sudah memiliki sertifikat SSL dalam mengatur ranking di halaman hasil pencarian. 

Jika website kalian memiliki ranking yang tinggi di Google, tentunya web yang kalian kelola akan mendapat traffic yang lebih banyak. Dengan semakin banyaknya traffic yang kalian dapatkan, maka web kalian juga akan semakin meningkat peringkatnya di penelusuran. Dengan perputaran seperti ini maka menggunakan SSL di website sangatlah efektif dalam bersaing di penelusuran.

4. Dapat Mengatasi iklan ISP
Ketika kalian berkunjung ke sebuah website, pastinya pernah menjumpai iklan yang tiba – tiba tersisipkan muncul di halaman web tersebut. Iklan tersebut merupakan iklan yang dimasukkan oleh ISP atau Internet Service Provider. Hal semacam ini kerap terjadi apabila pengunjung mengakses halaman web menggunakan handphone.

Hal tersebut tentunya memberikan kerugian terhadap web yang kalian kelola. Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini? Cukup dengan mengaktifkan sertifikat SSL dan mengganti protocol pada web kalian menjadi HTTPS. Sehingga iklan – iklan yang disisipkan oleh ISP tidak dapat muncul kembali, sangat mudah bukan.

5. Menghindari bentuk pencurian / Phising
Kadangkala website bisa ditiru oleh pelaku kriminal online. Mereka membuat tiruan website dan mengaku - ngaku sebagai web yang asli dengan cara mengirimkan email kepada pengguna dan menyuruh pengguna untuk memperbarui datanya. Seperti memperbarui informasi username, password, pertanyaan keamanan, nomor kartu kredit dan sebagainya. Hal tersebut tentunya sangat merugikan bagi pengguna dan web yang ditiru.

Namun apabila web sudah menggunakan layanan SSL maka sebuah web tiruan akan sangat sulit untuk meniru web asli yang menggunakan SSL tersebut, terutama dari segi keamanan.

6. Berpotensi diterima Google Adsense
Untuk para pemilik Blog yang menginginkan penghasilan tambahan dari blognya, tentu saja pendapatan online dari Google Adsense bisa menjadi hal yang harus dimiliki. Dengan adanya SSL pada Blognya, maka memberikan kepercayaan kepada Google bahwa Blog yang dikelola tersebut sudah bersertifikat.

Google sangat menyukai mitra mereka yang memiliki kualitas pada blog serta bagaimana kenyamanan blog tersebut dalam memberikan penawaran pada pengunjungnya.
Intinya, keamanan merupakan hal sangat amat penting dalam membangun kepercayaan.

    SEBERAPA PENTING SSL CERTIFICATE INI?

    Keberadaan Sertifikat SSL ini sangatlah penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses dari komputer ke komputer hingga terkirim ke server tujuan. Proses terkirimnya informasi tersebut akan terlindungi dari serangan hacker maupun pencuri informasi identitas.

    Contoh kasus agar lebih mudah memahami manfaat SSL Certificate

    Ketika kita mengirim paket via Pos, maka Pak Pos akan mengantarkan paket tersebut sampai tujuan. Pada saat proses pengiriman paket tersebutlah akan ada moment yang berbeda antara "Tanpa SSL" dengan "Menggunakan SSL". Perhatikan ilustrasi dibawah ini :


    Ilustrasi diatas masih menggambarkan informasi berupa Baju dan Sepatu yang dikirim ke server. Apa jadinya jika informasi yang bocor tersebut adalah data Kartu Kredit kita, username dan passwords, atau informasi penting lainnya.

    Itulah sebabnya penggunaan SSL ini sangatlah penting. Karena disaat sertifikat SSL tersebut sedang digunakan maka segala informasi yang bersangkutan akan menjadi tidak bisa dibaca oleh siapapun, namun masih bisa terbaca oleh server yang sedang menjadi tujuan informasi tersebut dikirim. Orang asing, hacker dan pencuri data tidak akan mengetahui informasi apa yang dikirim tersebut.

    Melihat pentingnya SSL diatas, apakah ada provider yang menawarkan SSL dengan fitur lengkap dan harga yang terjangkau? Jawabannya adalah "Tentu saja ada!", dia adalah WarungSSL.

    Lantas siapakah WarungSSL ini? Yuks kita mengenal lebih jauh siapa WarungSSL tersebut.

    SIAPA WARUNGSSL?

    WarungSSL Indonesia merupakan produk dan layanan yang dimiliki serta dikembangkan oleh PT. Manggala Cipta Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang solusi keamanan website, e-commerce dan Internet Marketing.

    Visi dan Misi dari WarungSSL adalah mendorong dan mendukung terciptanya penggunaan internet yang aman serta terpercaya baik untuk pengguna maupun bagi pengelola website. Hal tersebut pastinya dapat memberi keuntungan bagi kedua belah pihak. Sehingga industri, perusahaan, usaha menengah, internet banking dan segala aktivitas yang berkaitan dengan transaksi di Internet dapat berkembang dan terjaga kemanannya, khususnya di negara Indonesia.

    Karena bergerak dibidang keamanan website, WarungSSL Indonesia pun menjadi penyedia Sertifikat keamanan SSL Certificate dan pembaharuan Sertifikat SSL Indonesia.


    Semua Sertifikat keamanan digital yang tawarkan oleh WarungSSL sama persis dengan apa yang dijual oleh Otoritas Sertifikasi, akan tetapi untuk masalah harga yang ditawarkan di WarungSSL jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan membeli langsung ke Otoritas Sertifikasi (CA).
    Dari sini kita bisa mendapatkan kesimpulan mengenai harga yang ditawarkan oleh WarungSSL, yaitu murah dan terjangkau.
    WarungSSL juga membeli SSL dalam jumlah yang sangat besar untuk mendapatkan harga diskon khusus dari Otoritas Sertifikasi keamanan. WarugnSSL telah menjalin komitmen untuk jangka panjang dan telah menandatangani kontrak besar. Dari hal inilah kita tidak perlu meragukan WarungSSL, karena  WarungSSL menyalurkan biaya hemat kepada pelanggannya.

    WarungSSL juga sepenuhnya telah terintegrasi dengan API ke semua CA dan bisnis yang berfokus untuk bidang SSL.

    Kesimpulan yang bisa kita ambil dari pengenalan diatas adalah apapun yang dikerjakan oleh WarungSSL semuanya berkaitan dengan SSL. Sahabat Kurazer juga harus mengerti bahwa WarungSSL tidak berbisnis untuk web hosting, web desain, SEO, maupun layanan internet lainnya. Jadi, ketika berbicara mengenai SSL serahkan saja pada WarungSSL yang sudah menjadi spesialis di industri ini sekaligus sebagai penyedia SSL murah di Indonesia.


    MENGAPA HARUS MEMILIH WARUNGSSL?

    Dari pengenalan diatas, kita sudah mengetahui bahwa WarungSSL bergerak dibidang SSL, dari sini juga harus mengetahui mengapa harus memilih WarungSSL? Ibarat kata, "mengapa kita harus berteman dengannya". Berikut adalah alasan mengapa harus memilih WarungSSL :

    1. Layanan 24/7 
    Kapanpun dan dimanapun kalian berada, kalian bisa menghubungi Team WarungSSL melalui layanan live chat.

    Team WarungSSL telah berpengalaman dalam hal teknis yang dapat memandu kita, seperti memandu kita saat beli SSL hingga membantu proses installasi sampai berhasil terpasang. Selain dukungan bia live chat, WarungSSL juga mendukung kayanan via email maupun telepon.

    Jadi, kapanpun kalian membutuhkan bantuan tentang SSL, hubungi WarungSSL.

    2. Ragam Pilihan Produk
    Ada berbagai pilihan SSL yang bisa kalian pilih, seperti :

    • Sertifikat keamanan SSL terbaik dari Symantec, 
    • Sertifikat keamanan SSL terbaik dari Digicert,
    • Sertifikat keamanan SSL terbaik dari Entrust, 
    • Sertifikat keamanan SSL terbaik dari Comodo, 
    • Sertifikat keamanan SSL terbaik dari GeoTrust, 
    • Sertifikat keamanan SSL terbaik dari Thawte,
    • Sertifikat keamanan SSL terbaik dari RapidSSL
    • Sertifikat keamanan SSL terbaik dari Certum

    Dari berbagai ragam pilihan tersebut, kalian bisa menentukan salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.



    3. Harga Terbaik dan Terjangkau
    WarungSSL terus melakukan negosiasi untuk kesepakatan yang lebih baik dengan CA nya sehingga dapat menawarkan kepada setiap pelanggan untuk memperoleh harga SSL yang lebih baik. Tentunya harga yang ditawarkan merupakan harga yang paling terjangkau dari yang ada di Industri SSL.

    WarungSSL sangat menjamin Harga Terbaik. Artinya adalah apabila kita mendapatkan tawaran  harga jual SSL atau harga beli SSL Certificate yang lebih rendah di tempat lain, maka WarungSSL akan mencocokkan dan mengalahkan harga tersebut. Oleh karena itu, kombinasi dari Gold-Level Support dengan keahlian yang dimiliki oleh WarungSSL dapat mbemberikan nilai plus dalam hal pelayanan, sekaligus tidak ada alasan yang tepat untuk mencari penyedia SSL di tempat lain.

    4. Jaminan 30 Hari
    Tidak seperti para pesaing WarungSSL yang kebanyakan memberikan jaminan 15 hari. Di WarungSSL kalian bisa mendapatkan garansi untuk semua Sertifikat dalam 30 hari dan jaminan uang kembali secara penuh. WarungSSL selalu menginginkan pelanggannya merasa diperhatikan,  memastikan SSL sesuai dengan kebutuhan model infrastruktur pelanggan, melayani proses transaksi yang benar-benar dilindungi dan bahkan membantu menyelesaikan permasalahan yang tidak diinginkan. Untuk itulah "Jaminan 30 Hari" ini menjadi salah satu keunggulan WarungSSL.

    5. Sudah Berpartner Platinum
    WarungSSL Indonesia adalah penyedia Sertifikat keamanan SSL Certificate dan pembaharuan Sertifikat SSL di Indonesia, WarungSSL Indonesia adalah Global Platinum Partners dari Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka di dunia termasuk, Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, Comodo.

    6. Keamanan Transaksi
    Dalam layanan web e-Commerce, sebuah transaksi merupakan moment yang sangat sakral karena didalamnya harus terjamin proses bertransaksi yang aman. Pembayaran yang aman dan terpercaya merupakan faktor penting yang dapat menjadi prioritas tertinggi dalam menjaga kerahasiaan.

    WarungSSL sangat mementingkan Keamanan pembayaran, sehingga WarungSSL menggunakan layanan transaksi yang telah diakui di dunia dan telah memenuhi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS). Sehingga tidak perlu ragu untuk melakukan pembayaran dengan WarungSSL.

    Beberapa pilihan pembayaran yang dapat digunakan diantaranya adalah :

    1. Paypal : Setiap pembelian SSL Certificate dapat dilakukan dengan cara bertransaksi melalui akun Paypal. Pembayaran dengan kartu kredit pun juga dapat dilakukan dengan Paypal, yaitu dengan cara memilih Kartu Kredit di pembayaran Paypal ketika akan melakukan pembelian.
    2. Bank Transfer : Kalian juga dapat melakukan pembayaran melalui bank transfer. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening Bank Mandiri dan Bank BCA. Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi Customer Service nya.
    3. Credit Card : WarungSSL juga menyediakan pilihan pembayaran melalui Credit Card (Kartu Kredit) untuk memudahkan pembelian SSL Certificate dari situs WarungSSL. Silahkan Konfirmasikan kembali dengan Tim WarungSSL Indonesia jika kalian sudah melakukan pembayaran dengan Credit Card.

    Nah, kurang apalagi sih WarungSSL ini? Jika ingin bertanya - tanya mengenai SSL kalian bisa live chat dengan Team Teknisi nya, atau jika ingin mendalami tentang SSL dan semua hal tentang SSL secara otodidak, maka kalian bisa melihat panduannya di situs WarungSSL.


    KONTAK WARUNGSSL

    WarungSSL bisa dihubungi melalui kontak dibawah ini :
    1. Alamat : WarungSSL Indonesia (PT. Manggala Cipta Indonesia) Epicentrum Walk South 5th Fl. 529 A Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, 12940, Indonesia
    2. Phone. (021) 2943 1228 Fax. (021) 2943 1229
    3. Layanan Support. : (021) 2904 1500
    4. Email Support: cs@WarungSSL.com
    5. Facebook : https://www.facebook.com/warungssl
    6. Twitter : https://www.twitter.com/warungssl
    7. Google+ : https://plus.google.com/+warungssl

    PENUTUP

    Dari pengenalan dan berbagai alasan diatas, bisa disimpulkan bahwa WarungSSL benar - benar fokus pada layanan SSL. WarungSSL tidak melakukan layanan web hosting, domain registration, SEO, Pay-Per-Click, perbaikan furniture, atau salah satu dari berbagai bidang usaha yang digeluti oleh pesaing nya. Ingat SSL, ingat WarungSSL. Yuks pakai WarungSSL!!


    Itulah informasi mengenai "Penjelasan HTTP HTTPS dan Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia", dari informasi ini diharapkan para sahabat Kurazer dapat mengenal lebih mendalam mengenai WarungSSL, kalian bisa membeli SSL di WarungSSL atau merekomendasikan saudara / teman kalian untuk menggunakan layanan WarungSSL. Goodluck!!





    Lebih baru Lebih lama