Cara Proteksi Blog dari Serangan Script AGC atau Sejenisnya

Pilihan Editor :

Cara Proteksi Blog dari Serangan Script AGC atau Sejenisnya
Tags AAA

KURAZONE ~ Halo sahabat Kurazer, memiliki blog dengan topik yang menarik dan unik terkadang menjumpai permasalahan terkait kontennya. Salah satunya adalah artikel di copas atau di copy paste, istilah kejamnya sih di AGC alias Auto Generate Content. Script dari AGC ini bisa meng-copy semua artikel yang ada pada blog kita. Mulai dari teks, gambar, video hingga permalink.


Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memproteksinya dengan mengatur Feed yang ada pada settingan blog kita.

Berikut adalah Cara Proteksi Blog dari Serangan Script AGC atau Sejenisnya
1. Buka akun Blogger
2. Pilih Menu Setelan
3. Pilih Lainnya
4. Setting Feed nya seperti gambar dibawah ini


Arti dari pengaturan diatas adalah Feed kita tampil pada blog kita sendiri namun tidak tampil pada Feed komentar blog dan Feed komentar tiap posting. Blog kita menampilkan Feed dari rangkaian postingan yang kita punya dan dipersingkat otomatis dengan adanya readmore. Cara ini biasanya sudah support dengan template masa kini (template buatan 2017 dan setelahnya).

Sehingga apabila ada orang syirik yang mau menggunakan script AGC atau mengintip file Atom.xml dari blog kita maka yang ditampilkan adalah Summary Feed singkat dari blog kita, summary feed ini biasanya mengambil 400 karakter pertama atau 60 kata pertama dari tiap postingan kita (termasuk spasi). Karena yang diambil dari summary adalah berupa teks, maka gambar / thumbnail pertama biasanya tidak ikut terambil. Namun untuk judul dan label masih ikut terbaca.

Dibawah ini adalah contoh ujicoba pengambilan summary melalui Atom.xml dari blog Kurazone


Dari gambar diatas kalian bisa melihat bahwa Judul, isi dan label sama persis dengan yang asli. Lihat disini (artikel review) mengenai keaslian artikelnya. Namun yang berbeda dari dampak Feed yang dipersingkat tersebut adalah tampilan summary pada isi artikelnya yang hanya menyisakan kisaran teks sebanyak 400 karakter atau 60 an kata (termasuk spasi) dan tidak disertai gambar / thumbnail.

Ujicoba Check Jumlah Karakter dan Kata via MS Office Word



Nah, sudah tahu kan manfaat besar dari setelan Feed Khusus tersebut?
Dari settingan diatas akan lebih mantep lagi jika ditambah dengan kombinasi jump break (ikon kertas sobek) saat membuat artikel.

Namun, perlu diketahui bahwa seiring berkembangnya jaman, pasti akan ada script baru yang lebih kuat dari pertahanan ini. Jika sudah mengetahui ada blog yang meng-AGC blog kita maka alangkah baiknya dilaporkan ke DMCA saja, atau menghubungi pemilik blog tersebut untuk menghapus postingan AGC tersebut.

Note : jika terjadi perubahan desain pada bagian kolom komentar, maka setting Feeds Komentar Tiap Posting nya menjadi Singkat
=============

Itulah informasi mengenai "Cara Proteksi Blog dari Serangan Script AGC atau Sejenisnya", dengan cara diatas semoga semakin memperkuat pertahankan blog kita dalam mempertahankan artikel yang dimiliki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!

4 komentar :

  1. Terima kasih kurazone. Artikel proteksi AGC nya membantu sekali bagi pemula seperti saya yang kurang begitu paham dunia blogging ..

    Salam ..

    BalasHapus
  2. Wahh AGC ini emang merugikan banyak blogger loh. Tapi untung udah ada penangkalnya buat mengamankan blog dari pelaku nakal..

    Mantep lah.

    BalasHapus
  3. thanks gan, sangat membantu....

    BalasHapus
  4. setelah saya telusuri di SE, ternyata banyak yg AGC blog saya dan gak memberikan backlink lagi. Dengan cara ini, semoga gk kena AGC lagi

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.