Desain, Materi, dan Aplikasi Spherical Roller Bearing

Pilihan Editor :

Desain, Materi, dan Aplikasi Spherical Roller Bearing
Bantalan rol bulat atau Spherical roller bearing adalah bantalan bergulir yang memungkinkan rotasi atau perputaran dengan gesekan rendah. Biasanya bantalan ini mendukung bagian poros berputar pada lubang cincin bagian dalam yang mungkin tidak selaras dengan cincin bagian luar.

Bantalan rol bulat ini terdiri atas cincin bagian dalam dengan dua jalur miring yang condong ke sudut poros bantalan, cincin luar dengan jalur bola bulat pada umumnya, rol bulat, keramba, dan dalam desain tertentu biasanya terdapat cincin pusat atau cincin pemandu internal. Bantalan ini juga dapat disegel. 

Desain Spherical Roller Bearing

Pada umumnya spherical roller bearing ini dirancang dengan dua baris rol yang memungkinkannya untuk menahan beban radial yang sangat berat dan beban aksial yang berat. Beberapa desain tertentu dengan satu deretan rol yang tepat untuk beban radial yang rendah, dan yang hampir tidak ada beban aksial. Bantalan ini biasanya disebut bantalan rol barel. Desain bantalan rol bulat ini bervariasi bergantung pada seri produksi yang berbeda. Berikut beberapa fitur yang terdapat pada bantalan rol bulat. 
  1. Flensa tengah.
  2. Cincin pusat atau cincin pemandu internal.
  3. Fitur pelumasan cincin baik untuk cincin bagian dalam maupun bagian luar.
  4. Kandang.
  5. Segel terintegrasi.

Materi Spherical Roller Bearing

Pilihan bahan terutama dilakukan dalam menentukan volume dan metode pembuatan. Untuk bantalan dengan volume besar, bagian keramba seringkali dibuat dari bahan lembaran logam atau cetakan poliamida yang dicap. Untuk bantalan dengan volume rendah atau seri volume rendah, bagian kandang sering menggunakan bahan dari kuningan mesin atau baja mesin. Untuk beberapa aplikasi yang spesifik, bahan khusus untuk pelapisan,, seperti bore silinder berlapis PTFE untuk aplikasi getaran juga diterapkan dalam pembuatan bantalan. Berikut beberapa bahan yang umum untuk pembuatan bantalan kandang.
  1. Baja lembaran (dipotong laser atau dicap).
  2. Baja (mesin).
  3. Kuningan (mesin atau dicap).
  4. Poliamida (injeksi dibentuk).
Materi atau bahan untuk elemen bergulir dan cincin bantalan bisa dibuat dari bahan yang berbeda, namun bahan yang paling umum digunakan adalah baja krom (kromium karbon tinggi), yakni bahan dengan kandungan krom sekitar 1,5%. Baja krom jenis ini telah terstandarisasi, oleh sebab itu beberap bahan serupa seperti AISI 52100(AS), 100CR6 (Jerman), SUJ2 (Jepang), dan GCR15 (Cina) dapat digunakan sebagai bahan pembuatan untuk cincin bantalan dan elemen bergulir. 

Aplikasi Spherical Roller Bearing

Bantalan ini sering digunakan dalam aplikasi industry di mana ada beban berat, kecepatan sedang, dan mungkin ada ketidaksejajaran. Berikut beberapa area aplikasi yang umum digunakan. 
  1. Turbin angina.
  2. Pompa.
  3. Kipas dan blower mekanis.
  4. Kendaraan off-road.
  5. Pengeboran lepas pantai dan propulsi laut.
  6. Mesin pengecoran kotinyu.
  7. Kotak roda gigi
  8. Peralatan pertambangan dan konstruksi.
  9. Penanganan material.
  10. Peralatan pengolahan pulp dan kertas.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.