Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Mesin Kendaraan

Pilihan Editor :

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Mesin Kendaraan
Setiap kendaraan bermotor memiliki berbagai komponen penyusun dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Setiap komponen ini meskipun memiliki fungsi yang berbeda namun tetap saling support antara fungsi komponen. Salah satu yang memiliki fungsi penting dalam menentukan performa dan daya tahan kendaraan bermotor adalah oli. Saking pentingnya fungsi oli mesin untuk performa dan daya tahan kendaraan bermotor, Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor harus melakukan penggantian oli secara berkala. 

Kapan Anda Harus Mengganti Oli Mesin Kendaraan? 

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya bahwa oli memiliki peran dan fungsi yang sangat penting untuk performa kendaraan bermotor. Ketika kendaraan mulai bekerja akan terjadi panas yang menghasilkan energi. Saat itu pulalah oli mulai bersirkulasi dan bekerja di dalam mesin, baik itu untuk mendinginkan mesin saat digunakan agar tidak terlalu aus, membersihkan mesin, hingga menjaga mesin agar tidak berkarat. Banyaknya fungsi yang dibawa membuat kualitas oli akan terus menurun. Karena itulah diperlukan penggantian secara berkala. Ada beberapa ciri-ciri yang menandakan jika oli mesin kendaraan Anda butuh untuk diganti. 

1. Warnanya Berubah Menjadi Hitam dan Encer 

Saat pertama kali membeli, Anda bisa melihat bentuk oli berwarna coklat dan memiliki konsistensi yang pekat. Namun ketika sudah terlalu lama digunakan, warnanya akan berubah menjadi hitam dan konsistensinya tidak lagi pekat, tapi encer. Saat inilah oli perlu diganti. Perubahan warna ini disebabkan karena terkena panas serta adanya campuran kerak dan kotoran-kotoran lain, baik itu hasil pembakaran ataupun dari luar. Inilah saat Anda harus mengganti oli Anda. 

2. Suara Mesin Jadi Lebih Kasar 

Ciri selanjutnya yang menjadi penanda jika oli mesin kendaraan Anda harus diganti bisa dilihat dari performa mesinnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat mesin kendaraan sudah dihidupkan, maka oli akan bersirkulasi ke seluruh bagian mesin kendaraan. Ketika suara mesin jadi lebih kasar, itu artinya daya lumas oli terhadap komponen mesin bernama gear transmisi sudah terganggu yang menyebabkan suara jadi kasar. Bunyi kasar itu biasanya akan timbul ketika Anda menarik gas atau mengoper gigi. 

3. Suhu Jadi Lebih Panas 

Jika pada mobil akan ada indikator oli yang akan memberitahukan Anda ketika oli sudah harus diganti. Lalu bagaimana dengan motor? Mudah saja, jika ketika digunakan suhu mesin terutama di bagian kaki kendaraan bermotor jadi lebih panas, itu bisa menjadi indikasi Anda sudah harus ganti oli. Hal ini karena oli yang sudah lama tidak diganti maka kualitasnya dan daya serap panasnya juga semakin menurun. Hal itu kemudian juga menyebabkan penyebaran panas jadi tidak merata. Itulah kenapa Anda sampai bisa merasakan panas dari bagian kaki. 

4. Volume Oli jadi Berkurang 

Indikasi paling mudah untuk menentukan kapan Anda harus mengganti oli adalah melihat langsung volume olinya. Jika Anda menggunakan mobil, akan ada indikator yang menunjukkan volume oli. Indikator tersebut juga akan secara otomatis memberikan peringatan ketika oli harus diganti. Untuk kendaraan berjenis motor, Anda bisa melihat oli mesin motor Anda di bagian penyimpanan oli. Buka tutupnya dan pastikan volume oli Anda. Jika sudah banyak berkurang, tandanya oli kendaraan Anda sudah harus diganti. 

Mengganti oli adalah sebuah keharusan yang harus dilakukan secara rutin oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. Jika Anda ingin mengganti oli, Anda bisa memperhatikan indikasi kapan saatnya Anda harus mengganti oli mesin seperti yang dijelaskan di atas. Ganti oli Anda ke oli 'Mobil' yang bisa Anda dapatkan di situs mobil.co.id untuk mendapatkan performa kendaraan Anda yang maksimal kembali.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

1 komentar :

  1. jangan pakai kompressor, atau penyemprot, biarkan oli habis secara natural

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.