Memaksimalkan Penghasilan Tambahan Melalui 15 Peluang Bisnis Online Paling Populer di Era Modern 2021

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE
~ Bisnis Online menjadi pilihan banyak orang dalam menambah penghasilan karena pekerjaannya bisa dilakukan dengan sangat fleksibel. Di Indonesia sendiri bisnis online sudah menjadi pasar tren yang tumbuh dengan sangat cepat, baik itu bisnis online dengan modal kecil atau bahkan bisnis online tanpa modal sekalipun.
Perkembangan pasar bisnis online yang begitu cepat tersebut juga dipengaruhi oleh pengguna internet yang semakin banyak. Sehingga pasar bisnis online menjadi ladang yang tepat untuk meraih keuntungan di dunia maya.
Pandemi COVID-19 yang dialami oleh semua negara membuat banyak orang harus tinggal di rumah dan melakukan aktivitas di dalam rumah, termasuk aktivitas online. Menjalankan bisnis online di rumah kini sudah menjadi tren baru di tahun 2021. Ini merupakan langkah tepat agar warga Indonesia tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap ada pemasukan selama pandemi. 

Dari banyaknya tren bisnis online yang kami temukan di dunia maya dan dunia nyata (bahkan yang kami jalani), ada banyak sekali peluang bisnis online yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pendapatan di tahun 2021. Berikut adalah ulasannya... 

1. Google Adsense


Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Google Adsense adalah hal pertama yang terpikirkan untuk menjalankan bisnis online. Media periklanan ini sudah dikenal oleh para Blogger dan Youtuber di Indonesia. Sehingga berbisnis dengan Google Adsense bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan penghasilan melalui bisnis online. 
Perlu diketahui bahwa Google Adsense adalah program iklan berbayar dari Google. Untuk bisa mendapatkan uang dari Google Adsense maka anda harus terdaftar sebagai Penerbit atau Publisher. Tugas dari Penerbit ini adalah cukup menerbitkan iklan pada media yang dimiliki, misalnya seperti Blog (Blogger atau Wordpress). 
Cara kerja dari Google Adsense ini cukuplah sederhana, anda tinggal memasang kode iklan di blog dan biarkan pengunjung melihat atau melakukan klik pada iklan anda. Hal yang harus diperhatikan adalah sistem pendapatan dari Google Adsense yang berupa CPM dan CPC. Artinya adalah : 
  • CPM (Cost per Million) : Pendapatan diperoleh ketika iklan sudah dilihat sebanyak 1.000 tayang. 
  • CPC (Cost per Click) : Pendapatan diperoleh apabila pengunjung melakukan klik pada iklan. 
Setiap iklan yang tayang diblog anda memiliki harga yang berbeda-beda. Sehingga pendapatan yang akan diperoleh juga tidak pasti, artinya adalah ada beberapa faktor yang menyebabkan pendapatan dari Google Adsense selalu berubah-ubah atau fluktuatif. Diantaranya adalah : 

Faktor Pengunjung dan Klik 

Semakin banyak pengunjung yang datang ke blog, semakin besar peluang iklan dilihat dan diklik. Untuk itulah buatlah blog dengan isi artikel yang fresh dan sebarkan ke media sosial yang anda miliki. Pemilihan judul dan susunan kata-kata yang menarik juga menjadi hal yang penting supaya pengunjung bisa betah/berlama-lama didalam blog anda. 

Nilai CPC 

Harga dari iklan yang diklik ini ditentukan oleh pihak pengiklan (advertiser), jika pengunjung lebih banyak melakukan klik pada iklan berbayar murah, maka pendapatan anda juga tidak besar. Begitupun sebalikanya. Lalu, bagaimana caranya supaya iklan yang tampil di blog memiliki CPC yang besar?  Cara sederhana yang banyak dilakukan oleh para Blogger diantaranya adalah : 
  • Tidak membuat konten dengan judul clickbait 
  • Jangan terlalu banyak memasang iklan di blog 
  • Mengutamakan ukuran iklan yang digemari advertiser 
  • Perbanyak konten berbasis teks dan panjang 
  • Jangan memblokir iklan 
Dikarenakan semakin banyaknya Publisher Google Adsense di Indonesia maka tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan di dunia maya juga semakin sengit. Bahkan, situs besar seperti Liputan6, Tribun, Kompas, Detik dan yang lainnya pun juga memasang iklan dari Google Adsense sebagai penghasilan tambahan mereka. 

Untuk bisa sukses di bisnis online Google Adsense ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan : 
  • Membuat blog dengan konten yang unik dan fresh. Sehingga menarik banyak pengunjung yang berkualitas. Ingat! Kunci utama pendapatan Google Adsense adalah trafik, pengunjung dan klik. 
  • Pahami konten yang anda bagikan, jangan memilih niche / topik umum karena akan kalah bersaing dengan web besar yang sudah terlebih dahulu membahas konten umum. Buatlah konten yang berfokus pada topik tertentu. Sehingga blog anda memiliki kesan unik dan memiliki ciri khas. 
  • Paham dengan Syarat dan Ketentuan Google Adsense. Tak ada gunanya pengunjung dan trafik besar apabila blog sudah terkena penalti alias penyalahi aturan Google Adsense. Untuk itulah memahami Syarat dan Ketentuan dari Google Adsense juga diperlukan. 
Membangun konten di blog bersama Google Adsense diperlukan waktu, sabar dan konsisten. Apabila anda menginginkan hasil yang cepat atau instan, maka Google Adsense bukan pilihan yang tepat untuk anda, karena sukses juga butuh waktu. 

2. Freelancer (Bisnis tanpa Modal)


Freelancer adalah istilah yang kerap disebut bagi pelaku bisnis online yang tidak terikat oleh tempat dan jam kerja. Menjalani bisnis online sebagai Freelancer sangatlah mudah dan fleksibel. Bahkan, tidak perlu modal besar untuk menggeluti profesi Freelancer ini. Namun, yang diperlukan disini adalah keahlian atau skill pada bidang tertentu. Sehingga anda bisa menentukan mau menjalani sebagai Freelancer apa di dunia maya. 
Menjadi Freelancer biasanya akan menerima pekerjaan dalam waktu tertentu dan menerima bayaran setelah projek atau pekerjaannya selesai sesuai dengan harga dan kesepakatan. Sebagai pekerja lepas atau Freelancer, anda tidak akan terikat oleh suatu perusahaan atau lembaga tertentu dan anda dapat dengan bebas menerima atau menolak projek yang ditawarkan kepada anda. 
Untuk jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh Freelancer bisa bermacam-macam sesuai bidangnya. Seperti jasa desain logo, perbaikan blog, internet marketing, penulis artikel web dan lainnya. Sedangkan untuk memasarkan diri sebagai Freelancer, anda bisa menggunakan 2 langkah ini : 
  1. Melalui jalur network pribadi seperti mempromosikan diri melalui sosial media dan blog dengan tampilan landing page yang eye catching. Namun, untuk jangkauannya tidak cukup luas karena anda mempromosikan jasa anda secara mandiri dan personal branding yang anda miliki masih belum kuat untuk menarik pelanggan. Sehingga anda bisa memadukan cara ini dengan langkah berikutnya, yaitu menggunakan website marketplace freelancer. 
  2. Menggunakan website marketplace freelancer yang sudah ada di internet. Semakin berkembangnya bisnis online di dunia telah memunculkan website marketplace freelancer international maupun lokal. 
Dari beberapa penelusuran yang kami lakukan, ada 2 website marketplace freelancer yang bisa anda coba, yaitu : 
  • Fiverr 
Disini anda bisa menawarkan diri sebagai Freelancer sesuai dengan bidang/keahlian yang anda miliki. Harga yang ditawarkan rata-rata $5 untuk tiap jasa (karena namanya adalah FIVErr). Marketplace Fiverr ini cocok untuk pemula maupun yang sudah expert dengan berbagai jasa yang ditawarkan. 
  • Project.co.id 
Marketplace ini hampir sama seperti Fiverr, namun untuk harga yang ditawarkan menyesuaikan kesulitan dan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Marketplace ini lebih cocok untuk orang Indonesia karena jasa yang dijajakan disini menggunakan bahasa Indonesia. 

Penghasilan Freelancer 

Jika masih tahap awal, penghasilan Freelancer masih dibilang kecil, karena memperoleh reputasi dan kepercayaan dari pelanggan itu butuh usaha keras. Anda bisa bergabung ke marketplace Fiverr atau Project sembari melihat pekerjaan mana yang sekiranya bisa anda kerjakan. Semakin anda memenyelesaikan jasa yang ditawarkan dari marketplace tersebut, maka reputasi anda akan semakin dikenal. 

Selain itu anda juga perlu mempertimbangkan pembuatan Tiered Pricing sesuai dengan tingkat kesulitan projek yang ditawarkan. Sekaligus membuat Customized Project sesuai diskusi dan kesepakatan. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan harga berdasarkan tingkat kesulitan jasa yang nantinya anda kerjakan. Sehingga apabila anda merasa kurang puas dengan harga yang diberikan dari marketplace, anda bisa mengarahkan klien untuk menggunakan jasa anda melalui Tiered Pricing atau Customized Project yang sudah anda buat tersebut. 

Meski begitu, yang perlu anda ingat adalah butuh kerja keras untuk membangung reputasi dan kepercayaan sebagai Freelancer. Anda harus mengumpulkan dan menyelesaikan banyak projek dan mendapatkan rating tinggi untuk menarik perhatian klien. Sehingga peluang tawaran kerjasama kepada anda semakin besar. 

Berikut ini adalah sedikit tips yang bisa anda coba dan tekuni dalam bermain bisnis online sebagai Freelancer : 
  • Bergabung dengan Marketplace Freelancer, seperti Fiverr maupun Project. Untuk Freelancer yang dikhususkan sebagai penulis artikel blog dan pemasangan backlink bisa bergabung ke situs Vira, RajaBacklink maupun Sosiago (akan dibahas pada poin selanjutnya). 
  • Menawarkan jasa sesuai keahlian dan bidang yang ditekuni, diikuti dengan kualitas pelayanan terhadap klien seperti respon dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. 
  • Menguasai Bahasa Inggris. Ini adalah nilai tambahan bagi anda yang sudah mahir atau bisa berbahasa Inggris. Anda bisa dengan mudah memahami keinginan klien yang berasal dari luar negeri. Namun bagi anda yang belum begitu mahir dalam berbahasa Inggirs, anda bisa memanfaatkan Google Translate untuk membantu anda dalam memahami keinginan klien. 
Selain sebagai tempat untuk mendapatkan uang, marketplace juga bisa anda jadikan sebagai pelajaran dan pengalaman dalam membaca brief dan tren baru, menghadapi keinginan klien berupa diskusi, konsultasi atau komplain. 

3. Jasa Penulis Lepas/Penulis Online dan Content Placement

Penulis Lepas / Penulis Online

Pada poin sebelumnya, kami menyinggung tentang Freelancer yang dikhususkan sebagai penulis artikel blog dan pemasangan backlink. Istilah Freelancer yang berkaitan dengan artkel blog tersebut lebih akrab dikenal dengan sebutan Penulis Lepas. 

Profesi ini tidak lepas dari yang namanya blog atau media web yang mempublikasi artikel. Bisnis online sebagai Penulis Lepas ini cukup menarik karena yang dibutuhkan disini adalah menulis artikel saja, diikuti dengan tata bahasa yang baik, enak dibaca, unik, mengikuti tren dan berkualitas. 

Sebagai penulis lepas, anda harus memiliki blog terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai ladang bisnis, karena di blog tersebutlah artikel bisa dipublikasi. Sebagai Penulis Lepas, anda bisa mendapatkan uang melalui 2 cara, yaitu dari marketplace backlink dan dari jasa penulisan artikel yang anda tawarkan. 

Menulis Artikel dari Marketplace Backlink

Tawaran pekerjaan untuk penulis lepas biasanya adalah pembuatan artikel berupa review suatu produk atau promosi barang dan layanan jasa. Untuk bisa mendapatkan tawaran ini anda bisa bergabung dengan marketplace backlink seperti situs Vira, RajaBacklink maupun Sosiago. 

Di situs tersebut anda bisa memasukkan alamat blog supaya para klien bisa melihat blog anda. Anda juga bisa mensetting keterangan blog anda di situs tersebut dan menentukan kategori blog, sehingga klien bisa memilih blog mana yang sekiranya relevan dengan produk mereka. 

Di situs Vira dan Sosiago, harga 1 artikel biasanya Rp. 85-93rb. Sedangkan di Rajabacklink tergantung kualitas blog anda, bisa Rp. 50-250rb per artikel. Lalu, situs mana yang sebaiknya dipilih? Anda bisa memasukkan alamat blog anda kedalam 3 situs tersebut. Jadi, pilih semua saja. 

Apa yang nantinya anda tulis kedalam artikel sesuai dengan brief yang diberikan oleh klien, seperti kata kunci apa saja yang harus disertakan, jumlah kata yang dimasukkan, link yang dimasukkan dan topik apa yang dibahas. Sederhana-nya begini : mereka punya produk yang ingin di review, anda menulis tentang review produk tersebut dan mempublikasikannya ke blog, lalu anda mendapatkan bayaran setelah artikel tersebut dipublikasi. 

Jasa Penulisan Artikel yang Anda Tawarkan

Jika poin diatas tadi adalah menulis artikel dari marketplace backlink, maka kali ini anda menulis artikel dari jasa penulisan artikel yang anda tawarkan, Maksud dari cara ini adalah anda menawarkan jasa penulisan artikel kepada klien yang membutuhkan artikel berupa review produk dan layanan jasa. 

Mengenai harga jasa penulisan artikel ini tergantung dari jumlah kata dan tingkat kesulitan topik yang dibahas. Untuk jasa penulisan artikel yang sering kami temui di media sosial dengan kategori topik umum alias biasa-biasa saja, rata-rata harga yang ditawarkan adalah sebagai berikut : 
  • Rp. 8-10rb untuk 1 artikel 300 kata 
  • Rp. 15-20rb untuk 1 artikel 500 kata 
  • Rp. 25-30rb untuk 1 artikel 1.000 kata 
Sedangkan untuk artikel dengan topik khusus atau artikel yang dibuat sebagai artikel SEO biasanya lebih mahal biayanya. 1 kata bisa diberandol dengan harga Rp. 150-200, jadi apabila dalam 1 artikel ada 1.000 kata maka harga artikel tersebut adalah Rp. 150-200rb. Harga yang tercantum tersebut masih berupa harga artikel saja, tidak disertai dengan backlink. Karena, jika artikel yang disertai backlink biasanya jatuhnya ke harga Jasa Content Placement (akan dibahas pada poin selanjutnya). 

Bagaimana cara mempromosikan jasa sebagai Penulis Lepas/Penulis Online? 
  • Bergabung dengan marketplace backlink seperti Vira, RajaBacklink dan Sosiago 
  • Membuat artikel tentang penawaran jasa penulisan artikel dan pemasangan backlink yang dipublikasikan kedalam blog pribadi dan menyebarkan informasinya ke sosial media 
  • Menawarkan jasa melalui forum-forum besar seperti ads.id atau grup FB yang berisi orang-orang internet marketer didalamnya. 
Penghasilan yang diperoleh dari bisnis online yang satu ini tidak bisa dipatok dengan harga pasti, karena harga yang diperoleh tergantung dari : 
  • Jumlah kata dalam 1 artikel. Tiap Penulis memiliki tarif yang berbeda untuk satu kata yang mereka tulis. 
  • Topik yang ditulis. Semakin spesifik topiknya maka semakin mahal, karena tidak semua penulis mampu menulis topik spesifik tersebut. 
  • Kualitas tulisan. Penulis dengan tulisan yang menarik, enak dibaca dan membuat pengunjung terbawa suasana saat membacanya (seperti tertarik dengan produk yang dibahas dan ingin membelinya) pasti memiliki harga yang mahal untuk 1 artikel. 

Jasa Content Placement

Sedangkan untuk Content Placement adalah penempatan backlink kedalam blog berupa link yang disisipkan didalam artikel (alias : artikelnya memiliki backlink didalamnya yang apabila link tersebut diklik akan mengarah ke situs produk atau layanan jasa tersebut) 

Content Placement ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu : 
  • Publish by One : klien yang membuat artikel, anda tinggal mempublikasikannya kedalam blog 
  • Create by One : anda yang membuat artikel dan mempublikasikannya kedalam blog 
Mengenai harganya pun juga berbeda, dikarenakan Publish by One tugasnya tinggal publikasi artikel saja, maka harga yang diberikan lebih murah ketimbang Create by One. Sedangkan untuk Create by One tergantung panjang artikel, kesulitan topik dan jumlah backlink yang dipasang. 

Jika diperkirakan berapa harga untuk 2 jenis Content Placement tersebut, maka list harga dibawah ini bisa menjadi gambaran berapa penghasilan yang diperoleh dari Content Placement : 
  • Harga Publish by One : untuk 1 backlink seharga Rp. 50-100rb 
  • Harga Create by One : untuk 1 backlink dengan jumlah kata minimal 500 kata seharga diatas Rp. 150rb 
Jadi, sebagai penulis lepas yang menawarkan jasa penulisan artikel sekaligus merangkap menawarkan jasa content placement. Anda harus jeli tentang perbedaan artikel tanpa backlink dan artikel disertai backlink. Karena kedua jenis artikel ini tentu saja memiliki harga yang berbeda. 
Dalam membuka jasa penulisan artikel, anda juga harus membuat syarat dan ketentuan terhadap jasa anda, seperti : Tidak menerima artikel yang mengandung hal negatif, contohnya ujaran kebencian, SARA, jual beli ilegal, obat kuat atau hal yang berbau 18+. 
Selain itu, anda juga harus memastikan kapan pekerjaan anda selesai. Pekerjaan yang molor dan melewati deadline akan membuat kesan buruk bagi klien anda. Lalu, yang terpenting dari jasa penulisan artikel anda adalah : jangan melakukan copy-paste, ciptakanlah artikel yang murni 100% dari pemikiran anda. Apabila anda sedang buntu ketika membuat artikel, anda bisa membaca artikel yang masih relevan dengan topik yang anda tulis, namun itu sebagai referensi saja, bukan mengcopy-paste nya. 

4. Menjual Desain Template


Punya keahlian dibidang desain? Tak ada salahnya jika anda mencoba untuk berjualan template. Anda bisa bergabung ke situs penjualan template seperti Creativemarket. Di situs inilah berbagai macam template atau hasil karya dijual. 

Menjual desain berdasarkan permintaan juga bisa anda lakukan di situs tersebut, banyak orang yang membeli template daripada membuatnya sendiri. Selain menghemat waktu dan bisa memilih contoh desain yang bagus, klien juga bisa meminta anda untuk membuatkan template yang susuai dengan permintaan klien, tentunya dengan harga yang lebih mahal dari harga standart nya. 
Skill utama yang dibutuhkan untuk bisa berjualan template online adalah skill desain anda, selanjutnya tinggal anda sesuaikan ingin masuk ke kategori template apa. Pilihan template yang bisa anda tawarkan ada banyak, diantaranya adalah : template blog/web, template logo, template brosur, template kartu nama, template vektor dan lainnya. 
Selain di Creativemarket, anda juga bisa mencoba situs marketplace lain seperti Artworkheroes.com, Society6.com, Etsy.com maupun Redbubble.com. Buat para Desainer yang ingin menjalankan bisnis online, anda bisa bergabung dengan marketplace tersebut supaya bisa lebih mudah dikenal dan mudah menjual hasil karya. 

Untuk penghasilannya sendiri adalah berupa dollar. Besarnya penghasilan yang diperoleh tergantung kualitas desain anda, karena persaingan di marketplace tersebut cukup besar, klien juga bisa dengan mudah membandingkan dan memilih harga jasa yang ditawarkan. 

Selain menjual berupa template, anda juga bisa mencoba bisnis online lain berupa jualan hasil foto anda. Menjual stok foto di situs Microstock misalnya. 
Bagi anda yang hobi foto dan desain grafis atau anda yang memang profesional di bidang fotografer dan ingin memiliki passive income dari hasil desain anda, maka Microstock menjadi situs yang tepat untuk bisnis online menjual foto serta gambar vektor. 
Target pembeli dalam pasar foto dan desain vektor sangat besar. Pembelinya mayoritas adalah perusahaan maupun pekerja media yang mengejar deadline karena tidak sempat melakukan photoshot atau membuat vektor sendiri. Atau pembeli dari perusahaan yang memilih membeli foto dengan harga murah daripada harus menyewa fotografer dan model. 

Untuk foto dan vektor gambar yang dijual di situs microstock bisa diunduh berulang kali oleh pembeli dan setiap kali ada unduhan anda tetap mendapatkan passive income nya. Syarat bergabung di Microstock juga cukup mudah, anda tinggal daftar melalui smartphone dan mulai menjual hasil jepretan anda. 

5. Bisnis Online Dropshipper


Bisnis Online yang satu ini bisa dilakukan secara fleksibel dan tidak membutuhkan skill khusus dalam menjalankannya, karena bisnis online dropship ini cukup mempromosikan produk saja. 

Bagi sebagian masyarakat milenial saat ini, istilah bisnis online Dropshipper mungkin sudah banyak yang menjalani dan mengerti bagaimana caranya. Pelaku bisnis ini cukup menjual kembali produk yang diambil diambil atau dibeli dari supplier. Keuntungan dari menjual kembali produk itulah yang akan menjadi profit pada bisnis online Dropshipper. 

Namun, masih ada beberapa masyarakat yang menganggap cara kerja bisnis online ini sama seperti Reseller. Sekilas memang nampak seperti Reseller, namun sebenarnya Dropshipper berbeda tipis dengan Reseller. 
  • Reseller : Produk yang dijual menggunakan nama atau brand milik orang lain 
  • Dropshipper : Produk yang dijual menggunakan nama atau brand milik sendiri 
Jadi, langkah pertama untuk menjalankan bisnis online Dropshipper ini adalah dengan menentukan nama atau brand dagang yang akan digunakan untuk berjualan. Pilihlah nama brand yang sesuai dengan jenis produk yang akan dijual. Sehingga antara nama brand dan produk yang dijual memiliki relevansi. 

Tips Menjalankan Bisnis Online sebagai Dropshipper 

Ambil atau Belilah produk di marketplace dengan harga yang lebih murah, lalu jual kembali produk tersebut di marketplace lain dengan harga yang lebih tinggi. Ada baiknya memilih produk yang memiliki harga diatas Rp. 1 Juta, hal ini bertujuan untuk memberikan margin yang lebih besar dalam memperoleh keuntungan. Contohnya seperti : Motor, Handphone, Laptop atau Peralatan Bayi. 

Cara Buka Bisnis Online Dropship 

1. Membuat Toko Online Sendiri 

Membuat toko online sendiri bisa menggunakan platform Wordpress dengan dukungan plugin WooCommerce. Keuntungan yang diperoleh dari membuat toko online ini adalah keuntungan bisa dikontrol 100%, namun dalam membangun toko online sendiri dibutuhkan pengetahuan dan skill pemrograman website agar dapat menciptakan toko online yang sesuai dengan keinginan dan ciri khas, serta membutuhkan waktu yang lama untuk membangun sebuah brand dan mempromosikannya. 

Jika anda ingin membuat website atau membuka toko online dan membeli domain + hosting, anda bisa mempercayakannya melalui layanan domain dan hosting Exabytes Indonesia

2. Bergabung di Marketplace Toko Online 

Jika membuat toko online sendiri dirasa cukup berat untuk membuatnya, maka Anda bisa mencoba menggunakan cara yang kedua ini. Yaitu, bergabung di Marketplace Toko Online yang ada di Indonesia. Sebut saja seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee, JD.id ataupun Bukalapak. Di Marketplate tersebut anda cukup bergabung sebagai Penjual, membuat nama brand dan siap menjual produk. Masalah promosi dan tampilan tokonya sudah diatur oleh pihak marketplace tersebut. Sistem pembayarannya cukup aman, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila akan terjadi penipuan. 

3. Bergabung di Marketplace Sosial Media 

Untuk saat ini, Facebook menjadi raja Marketplace di media sosial. Sosial media yang dikenal sebagai tempat chat dan berkomentar ini sudah melebarkan sayapnya dengan menyediakan fitur jual beli online. Untuk bisa berjualan sesuai dengan relevansi produk, anda bisa membuat akun FB terlebih dahulu lalu bergabung dengan grup Jual Beli Online yang ada di FB. Grup Jual Beli ini bisa berasal dari berbagai wilayah, anda bisa memilih bergabung berdasarkan wilayah anda, seperti berdasarkan Kabupaten, Kota, Provinsi atau bahkan Se-Indonesia. 

Mengandalkan Marketplace Toko Online memang terbilang cukup mudah dan murah, namun alangkah baiknya jika anda juga memiliki Toko Online sendiri untuk berjaga-jaga apabila terjadi perubahan kebijakan dan algoritma dari Marketplace Toko Online. 

Penghasilan Dropshipper 

Keuntungan yang diperoleh berasal dari margin, yang menjadi selisih harga jual dan beli. Simplenya, Dropship itu seperti orang yang membuka usaha toko kelontong atau di pasar yang melalui jalur online. Besar kecilnya keuntungan tergantung dari 2 faktor berikut ini : 
  1. Perputaran barang atau jumlah barang yang dijual 
  2. Margin keuntungan dari setiap barang yang dijual 

Trik Supaya Untung Menjalani Dropship 

  • Manajemen Produk : Pahami dengan betul bagaimana produk yang anda jual, bagaimana saingan di pasarnya, fiturnya, suppliernya dimana, bagaimana kualitas produknya dan apakah produknya masih laku atau tidak jika dijual dijaman sekarang. 
  • Ketahui Perilaku Konsumen : Perilaku konsumen bisa menjadi target market, ketahui bagaimana mereka berbelanja, sering menggunakan pembayaran via apa, sosial media yang dipakai, berapa harga yang bisa dijangkau, kanal media yang mereka gunakan serta faktor yang menjadi pertimbangan ketika memilih produk. 
  • Pahami Supplier : Produk yang nantinya anda beli dan dijual kembali berasal dari Supplier anda. Pilih dan pahami Supplier mana saja yang bisa anda percayai untuk mendapatkan margin yang besar. Karena tanpa adanya Supplier ini, seorang Dropshipper tak ada gunanya. 
  • Margin Keuntungan : Pahami profit margin dari sebuah produk. Margin tipis sehingga perlu melakukan penjualan banyak barang, atau margin tebal dari penjualan sedikit barang. 
  • Layanan Konsumen : Hal tersibuk yang dilakukan oleh Dropshipper adalah memberikan layanan kepada konsumen. Mulai dari menjawab chat konsumen, mengurus pengiriman barang, fast respon saat ada pemesanan bahkan hingga komplain apabila konsumen kurang puas terhadap layanan anda. 
Sebagai seorang Dropshipper Online, anda juga harus siap mental bersaing dengan Dropshipper Online lain yang ada di dunia maya. Selain itu, anda juga harus pandai-pandai dalam memilih margin produk. 

6. Affiliate Marketing


Bisnis Online yang selanjutnya adalah Affiliate Marketing, biasanya sebuah program yang mengharuskan Anda untuk mendaftar atau bergabung menjadi membernya. Setelah bergabung, Anda akan mendapatkan kode kupon atau link banner. Anda bisa memasang link afiliasi/banner afiliasi kedalam blog atau website yang anda miliki. Atau anda juga bisa membagikan link afiliasi tersebut di media sosial anda. 
Apabila ada konsumen yang melakukan klik pada link afiliasi tersebut dan melakukan transaksi pembelian barang/jasa, maka anda akan mendapatkan komisi penjualan. 
Hampir sama dengan dropshipping, afiliasi merupakan bisnis online tanpa modal dengan cara menjualkan produk pihak lain. Bedanya, penghasilan Anda berasal dari komisi penjualan barang. Besarnya prosentase komisi Anda sesuai yang telah disepakati dengan penjual, bisa 20% atau 50%. 

Tips menjalankan Affiliate Marketing, buatlah artikel review di blog atau video review di youtube terkait produk tersebut. Kemudian sertakan link pembelian produk tersebut didalam artikel atau dideskripsi video. Pilihlah link afiliasi dengan komisi yang besar, sehingga apabila ada pembelian produk melalui link afiliasi yang anda bagikan, maka besarnya komisi bisa anda dapatkan. 

Salah satu Program Afiliasi Terbaik di Indonesia yang saat ini sering digunakan adalah Exabytes, anda bisa bergabung disana apabila anda ingin mencoba bisnis online Affiliate Marketing. 

7. Iklan Mandiri 


Memiliki website juga bisa dimanfaatkan untuk menyediakan Iklan Mandiri atau Slot kosong yang disewakan kepada Pengiklan. Penempatan iklan mandiri ini biasanya diletakkan pada bagian header, sidebar atau bagian isi blog. Karena bagian-bagian tersebutlah pengunjung bisa dengan mudah melihat tampilan iklan. 

Harga dari slot iklan ini juga menyesuaikan kualitas blog. Dimana kualitas blog ini biasanya dilihat dari seberapa besar trafik pada blog tersebut, berapa alexa rank nya, nilai DA PA, Domain Rating, Spam Score, kualitas backlink dan kategori pengunjung (seperti usia atau minat pengunjung). Untuk bisa mendapatkan Pengiklan, anda bisa mempromosikan iklan mandiri/slot kosong tersebut ke forum atau grup media sosial yang relevan dengan topik blog anda. 
Sebagai contoh jika blog anda membahas tentang kucing, maka jangan mempromosikan iklan mandiri anda ke grup budidaya ikan, karena hal itu tentu saja salah sasaran. Agar relevan dan berpotensi mendapatkan Pengiklan maka promosikan iklan mandiri anda ke grup jual beli kucing atau grup jual beli aksesoris/pakan kucing. 
Dikarenakan ini adalah iklan mandiri, maka anda juga bisa membuat ukuran (lebar iklan) yang menyesuaikan slot kosong anda. Misalnya : 
  • Iklan bagian Header : size gambar yang disediakan adalah ukuran 720x90 maupun 320x50 pixel 
  • Iklan bagian Sidebar : size gambar yang disediakan adalah ukuran 125x125, 250x250, 300x300 maupun 300x160 pixel 
  • Iklan bagian Isi Blog : size gambar yang disediakan adalah ukuran 125x125, 250x250, 300x300 maupun 300x160 pixel 
Harga yang paling murah adalah 50rb hingga 100rb (tergantung ukuran iklan) dengan durasi tayang iklan selama 1 bulan, selanjutnya untuk harga yang mahal biasanya diatas 1 juta untuk durasi tayang iklan selama 1 bulan. Ingat! Masalah harga ini kembali pada kualitas blog anda. 

Selain iklan mandiri yang nantinya diisi dengan iklan gambar, anda juga bisa menyediakan iklan mandiri berupa iklan teks. Biasanya tawaran iklan teks ini dikombinasikan dengan Content Placement atau Pembuatan artikel review. Sehingga anda bisa menentukan tarif harga artikel review dan iklan teks kepada Pengiklan sekaligus dan link artikel tersebut bisa anda jadikan sebagai postingan populer dibagian sidebar blog selama 1 bulan. 

Keuntungan dari Iklan Mandiri ini adalah anda tidak perlu repot-repot membuat iklan gambar yang nantinya dipasang pada blog anda, biasanya Pengiklan sudah memiliki desain iklan gambar mereka sendiri dan tinggal menyerahkan kepada anda untuk ditempilkan di blog. Apabila pihak Pengiklan belum memiliki desain iklan gambar, maka anda bisa menawarkan jasa desain iklan juga (apabila anda memiliki skill desain). 

Tips sukses dalam bermain Iklan Mandiri adalah buatlah blog yang memiliki identitas unik yang membahas topik tertentu, misalnya membahas tentang dunia kucing. Maka, target Pengiklan anda adalah para pedagang kucing atau penjual aksesoris / pakan kucing. Lebih spesifik blog anda, maka lebih mudah menargetkan kemana iklan mandiri anda harus dipromosikan. 

8. Vlogger


Punya hobby mendokumentasikan kegiatan dengan cara record video? Manfaatkan hobby tersebut untuk membuat Channel Youtube yang berisikan aktifitas anda. Dijaman sekarang, channel yang berisikan Vlogger sudah banyak diminati, biasanya kegiatan Vlogger ini berisikan kegiatan jalan-jalan ke suatu tempat wisata, mencoba resep makanan, mencoba kuliner, mencoba permainan dan berbagai riset menarik lainnya seperti prank atau eksplorasi tempat horror. Dari Vlogger inilah Penonton bisa menjadikan Vlogger tersebut sebagai referensi sebelum pergi ke tempat / mencoba hal tersebut. 

Namun, untuk menyajikan video dengan kualitas yang baik anda memerlukan peralatan yang mendukung pula, seperti Kamera, Komputer yang mumpuni untuk desain Video, maupun Gimbal. Selanjutnya anda tinggal mempercantik video anda dengan aplikasi desain video dan kreatifitas anda. 

Tips supaya Channel Vlogger anda cepat terkenal adalah lakukan kolab dengan Vlogger lain yang sudah terkenal, misalnya kolan dengan Vlogger dengan jumlah Subscriber 1jt, atau jika anda punya kenalan artis, anda bisa kolab dengannya. Apabila anda masih belum PD untuk melakukan kolab, anda bisa memperbanyak konten terlebih dahulu dan menyajikan konten unik kepada Penonton. 

Keuntungan dari Vlogger ini biasanya diperoleh dari iklan yang tayang didalam videonya, tentunya akun Channel Youtube (Minimal 1.000 Subscirbers) tersebut sudah dihubungkan dengan Google Adsense. Semakin banyak Subscriber maka semakin banyak pula iklan yang sering tayang dalam video. Semakin terkenal pula Channel tersebut maka semakin besar kesempatan anda untuk mendapatkan tawaran endorse produk. 

Dikarenakan kegiatan Vlogger menangkap aktifitas anda, maka usahakan untuk menjaga etika dan sopan santun saat membuat video, jangan sampai video yang anda upload nanti justru mengundang kontroversi dan menyebabkan masalah bagi anda. Video yang baik adalah video yang memberikan banyak motivasi, bukan hal negatif yang bikin emosi. 

9. Jasa Pembuatan Website, Desain Web dan Jual Template Web


Pembuatan website kini banyak diminati bagi kalangan pelapak UKM. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website ini kepada mereka sebagai bentuk penunjang dalam meningkatkan promosi dan pendapatan UKM nya melalui jalur online. 

Dalam menawarkan jasa ini tentunya anda sudah memiliki bekal skill editing website dan paham tentang seluk beluknya. Seperti bahasa pemorgraman HTML, Domain, Hosting, VPS, DNS dan sebagainya. Serta memiliki template desain web yang sudah siap digunakan. 

Untuk tarif jasa pembuatan website, anda bisa menentukannya berdasarkan paket pembuatan. Misalnya: 
  • Paket Basic : Pembuatan Blog, Domain .COM, Hosting dan Jasa Perawatan pertahun : Rp. 250rb 
  • Paket Premium : Pembuatan Blog, Domain .COM, Hosting dan Jasa Perawatan + Promosi pertahun : Rp. 500rb 
Selain mempromosikan jasa pembuatan website ke pelapak UKM, anda bisa mempromosikannya ke sekolah-sekolah negeri maupun swasta yang belum memiliki website pribadi, atau bisa juga mempromosikan ke Pemilik Usaha yang belum dionline-kan usahanya, atau ke organisasi masyarakat juga bisa. 

Tips menjalankan bisnis online ini adalah anda harus memiliki contoh web yang sudah jadi sebagai bahan referensi kepada calon pembeli agar mereka mengetahui bagaimana tampilan website nya nanti jika mereka membeli jasa anda. Pilihlah layanan domain dan hosting yang terpercaya dan fast respon untuk membantu anda menyelesaikan masalah web apabila terjadi maintenance. 

Berikan masukan atau rekomendasi kepada pelapak tentang tampilan website yang bakal mereka pakai, karena bagaimanapun juga andalah yang lebih paham dalam mendesain web. Masukan dari anda akan memberikan kepercayaan pelapak untuk mempercayakan desain web mereka kepada anda. 

Jasa Desain Web dan Jual Template Web 

Bisnis online yang satu ini juga bisa dikombinasikan dengan bisnis online jasa pembuatan website. Namun aktifitas dari bisnis online ini adalah lebih fokus dalam hal menjual jasa desain web dan template web. Untuk mendapatkan Pelanggan, anda bisa menawarkan jasa ini ke forum atau grup yang berisikan pelapak online yang sudah memiliki web. Anda bisa memberikan contoh desain atau demo dari hasil jasa desain anda, serta daftar tampilan template web yang anda jual kepada calon pembeli. 

10. Jasa Penerjemah


Anda memiliki keahlian berbahasa asing? Kenapa tidak mencoba membuka jasa terjemahan? Peluang bisnis online yang satu ini cukup menjanjikan lho. 

Saat ini akses informasi di internet sebagian besar informasinya kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Bagi beberapa orang yang memiliki karya yang ingin dikenalkan kepada dunia, harus merubahnya dalam format bahasa Inggris dulu. Artinya, peran penerjemah dibutuhkan dalam kondisi ini. Dengan kata lain, konsumen untuk bisnis online Anda sudah ada. 

Sebelum anda terjun ke bisnis ini, pastikan Anda melengkapi sertifikasi yang diperlukan. Hal ini terkait dengan reputasi Anda sebagai penerjemah. Anda bisa bergabung ke komunitas penerjemah seperti HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) untuk memperkuat koneksi anda. 

Setelah itu, mulailah mencari klien melalui platform freelancer atau koneksi komunitas. Apabila mendapatkan klien, pastikan memberikan hasil pekerjaan terbaik. Tujuannya adalah sebagai sarana pemasaran ‘cirlce’ (dari mulut ke mulut) untuk konsumen Anda berikutnya. Jika hasil pekerjaan anda baik, maka pelanggan anda akan mereferensikan anda kepada temannya bahwa anda merupakan penyedia jasa penerjemah terbaik saat ini. 

11. Bermain Shortlink


Bermain Shortlink bisa dikatakan bisnis online yang cukup menjanjikan di tahun ini. Dikarenakan bisnis online ini tidak membutuhkan skill dan modal yang besar alias cukup kemauan dan jaringan internet saja. Maka pendapatan dari bermain shortlink ini tergantung seberapa anda rajin dalam mempromosikan link. 

Cara kerja dari shortlink ini adalah anda mencari link yang ingin dishort atau diperpendek. Lalu, link pendek tersebut bisa anda bagikan ke media sosial. Apabila ada yang melakukan klik pada link tersebut maka anda akan mendapatkan komisi. Cara kerjanya hampir mirip seperti link referal, namun disini, orang yang melakukan klik pada link tersebut tidak perlu melakukan pembelian. 
Intinya : anda membagikan link pendek tersebut, maka anda mendapatkan komisi jika link terjadi klik.
Layanan shortlink ini sudah banyak sekali tersedia di internet, tiap layanan shortlink memiliki ketentuan dan kebijakannya masing-masing. Untuk negara Indonesia, CPM atau pendapatan tiap 1.000 klik nya akan dihargai sebesar $3. 

Untuk layanan Shortlink di Indonesia, mengambil komisinya bisa melalui OVO, DANA, Paypal, rekekning bank ataupun pulsa. Sedangkan jika anda menggunakan layanan Shortlink luar negeri, maka  pengambilan komisinya melalui Paypal. 

Pelaku bisnis online ini sering memanfaatkan shortlink tersebut untuk memperoleh penghasilan dari blog film atau blog aplikasi dan game. Biasanya link unduh asilnya diperpendek terlebih dahulu menjadi link shortlink. Sehingga, sebelum pengunjung mendapatkan filenya maka pengunjung harus melihat halaman shortlink terlebih dahulu, lalu kemudian akan diarahkan ke link file unduh tersebut berada : misalnya diarahkan ke mediafire atau google drive. 

Jadi, apabila anda memiliki blog film atau aplikasi/game, anda bisa mengubah semua link unduhnya menjadi link shortlink dan biarkan pengunjung dari blog nya menghasilkan uang. Inilah yang disebut dengan passive income. 

12. Guru Privat Online


Semenjak adanya COVID-19 banyak sekali Guru yang lebih sering mengajar materi melalui daring di aplikasi Zoom atau Google Meet. Setelah jam mengajar melalui daring selesai, maka banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan sebagai Guru, yaitu sebagai Guru Privat Online. Menguasai satu bidang ilmu pengetahuan bisa menjadi langkah untuk mendapatkan penghasilan tambahan, atau jika ditekuni dengan sungguh-sungguh bisa menjadi penghasilan utama. 
Ada banyak sekali topik pembelajaran yang bisa diulas jika anda memilih bisnis online Guru Privat Online. Misalnya, MTK atau Matematika, Bahasa Inggris atau ekstrakurikuler musik. 
Lebih bagus lagi jika anda membuka bimbingan belajar online yang nantinya sebagai persiapan untuk para murid dalam menghadapi tes masuk perguruan tinggi. Berapapun biaya dari kursusnya bakalan tetap ada murid dan orang tua yang berminat. 

Profesi sebagai Guru Privat Online bisa dimulai di platform seperti situs Teachable ataupun Udemy. Kedua situs ini sudah memberikan kemudahan bagi Anda maupun para murid yang ingin mendalami ilmu pengetahuan via online alias belajar dari rumah. 

13. Jualan E-Book


Berjualan E-Book menjadi bisnis online yang trend saat ini. Hal ini terjadi akibat pesatnya perkembangan teknologi yang memudahkan mengakses buku digital di mana saja dan kapan saja dari berbagai perangkat. Tidak hanya itu, saat ini banyak sekali toko buku digital online yang melayani penjualan E-Book. Sehingga, konsumen bisa membeli buku dengan cepat dan mudah. 

Untuk menjalankan bisnis online E-Book ini, anda harus mampu membuat sebuah buku digital yang menarik. Bukan hanya cover atau berapa panjang halaman yang akan anda buat, tapi topik atau tema apa yang akan anda bahas dalam E-Book tersebut. 

Buatlah E-Book yang sesuai dengan pengetahuan anda, karena pasar dalam berdagang E-Book ini memiliki konsumen relevannya tersendiri. Anda bisa membuat akun Google lalu mengupload E-Book anda di Play Store, berikan harga jual yang sesuai dengan kualitas E-Book anda. Selain melalui Play Store, anda juga bisa menjual E-Book anda di toko buku digital seperti BukaBuku ataupun Karya Virtual. 

14. Joki Bermain Game Online


Bagi orang dewasa yang jarang bermain game, mungkin ini adalah istilah yang absurb untuk didengar. Namun faktanya bisnis online joki bermain game ini banyak sekali dijumpai dikalangan para Gamers (khususnya dikalangan bocil dan remaja). Sebelum membuka jasa joki bermain game ini anda tentunya harus sudah pro atau mahir dalam memainkan game yang akan anda joki kan. 

Game yang saat ini booming adalah game dengan genre Laga, biasanya game tersebut mengharuskan pemain untuk menang supaya bisa naik pangkat. Nah, disinilah rejekinya para jasa joki game. Menaikkan pangkat dalam game Laga cukup sulit apabila pemain bertemu lawan pro atau memiliki teman satu tim yang payah. Untuk bisa menaikkan pangkat adalah dengan memenangkan pertandingan, tentunya dengan taktik dan kerjasama tim yang baik. 
Kepercayaan konsumen terhadap anda adalah hal utama yang harus anda raih karena membuka jasa joki ini berarti anda : mengambil alih akun konsumen untuk sementara, memainkan karakter milik konsumen dan menaikkan pangkatnya sesuai kesepakatan harga. Sehingga, bangunlah komunikasi yang baik dengan konsumen. 
Game yang sering dijadikan ladang penghasilan joki game adalah : PUBG, FF, MLBB, Clash Royale ataupun AOV. Untuk masalah harga, anda bisa melihat pasar harga yang sudah dijual oleh para joki game di internet. Seperti berapa tarif joki naikin pangkat Mobile Legends dari Epic ke Legends atau dari Legends ke Mythic. 
Bisnis joki game online ini biasanya juga dikombinasikan dengan penjualan item game seperti diamond ataupun senjata. Jika anda ingin berjualan item game juga, anda bisa mempromosikan jasa atau lapak anda melalui situs ITEMKU. Disanalah tempat jual beli item game terpercaya. 

15. Agen Properti / Jual Rumah Online


Menekuni bisnis online sebagai Agen Properti Online juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar karena tugas anda sebagai Agen hanyalah mempromosikan properti dan mengatur transaksi saja. Cara kerjanya hampir sama seperti bisnis online afiliasi yang sudah dibahas diatas tadi, namun beda nya disini adalah anda mungkin nantinya juga akan bertemu dengan pembeli secara langsung untuk memandu calon pembeli melihat rumah yang anda jual. 

Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah daftar atau list rumah mana saja yang sudah waktunya dijual. Anda bisa mengumpulkan berbagai informasi terkait rumah mana saja di wilayah anda untuk dijadikan bahan promosi penjualan, kemudian iklankan secara online kebeberapa koneksi anda. 
Terlihat mudah? Tidak. Anda harus menargetkan secara tepat kemana iklan anda di promosikan. Karena memaksimalkan promosi iklan rumah adalah tugas anda. 
Promosi bisa dilakukan dimana saja dan melalui media apa saja. Seperti media sosial, web jual rumah, koran maupun SMS. Pelayanan yang anda berikan kepada konsumen haruslah maksimal supaya anda memperoleh kepercayaan dan merekrut banyak orang untuk melakukan survey ke lapangan. 

Nah, itulah informasi mengenai “Memaksimalkan Penghasilan Tambahan Melalui 15 Peluang Bisnis Online Paling Populer di Era Modern 2021”, pilihlah bisnis online yang dirasa paling mudah untuk anda lakukan. Selain mendapatkan uang dari bisnis, mendapatkan rasa seang ketika menjalankan bisnis juga merupakan hal yang penting. Karena tanpa adanya rasa senang menjalankan bisnis online maka usaha untuk meraih penghasilan tambahan juga tidak bisa diraih secara maksimal.
 
Lebih baru Lebih lama