6 Rumus Saham yang Membantu Investasimu Cuan Puluhan Persen


KURAZONE
~ Rumus ini bakal bantu kamu untuk sukses dapetin saham bagger. Sehingga kamu tidak sembrono dalam berinvestasi saham. 

PBV

Nilai PBV (Price to Book Value) digunakan untuk menilai harga saham yang mahal atau murah.
  • PBV < 1, maka harga saham dapat dikatakan murah
  • PBV > 1, maka harga saham dapat dikatakan mahal
Rumus :
Harga saham per lembar dibagi Book Value per lembar

PER

Nilai PER (Price to Earning Ratio) digunakan untuk mempertimbangkan apakah investor membeli saham pada harga yang wajar (fair price) atau sebaliknya.
  • PER tinggi diartikan sebagai saham pertumbuhan. Namun, PER yang terlalu tinggi sebaiknya dihindari karena sangat berisiko & volatilitasnya sangat tinggi.
  • PER rendah diartikan sebagai saham bernilai (value stocks), yaitu saham yang diperdagangkan dengan harga rendah, padahal fundamentalnya menunjukkan harga jualnya bisa tinggi.
Rumus :
Harga saham per lembar dibagi Laba per lembar (EPS)

PEG Ratio

Rasio ini memperhatikan pertumbuhan laba suatu perusahaan secara historis. Semakin rendah PEG (Price Earning Growth), maka semakin baik peluang harga saham tersebut akan meningkat di masa mendatang.
Rumus :
PER dibagi Pertumbuhan EPS tahunan

ROE

Nilai ROE (Return on Equity) berfungsi untuk mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari nilai investasi sahamnya. Nilai ini akan menunjukkan bahwa perusahaan mampu mengelola tambahan modal dengan baik. Semakin tinggi ROEnya, maka keuntungan akan sepadan (semakin tinggi).
Rumus :
Laba bersih setelah dikurangi pajak dibagi Total ekuitas

EPS

Semakin besar EPS (Earning per Share) perusahaan, maka semakin baik juga nilai sahamnya. Perhitungan EPS digunakan untuk melihat prospek pendapatan perusahaan dari tahun ke tahun.
Rumus :
(Laba bersih dikurangi Dividen preferen) dibagi Jumlah saham yang beredar pada akhir periode

Dividend Yield

Ukuran berapa banyak uang yang kamu dapatkan dari dividen. Semakin tinggi dividend yield, maka saham tersebut semakin menarik. Namun, juga perlu memperhatikan konsistensi perusahaan dalam memberikan dividend.
Rumus :
Dividend per lembar saham tahunan dibagi Nilai pasar per lembar saham dikali 100

Itulah informasi mengenai "6 Rumus Saham yang Membantu Investasimu Cuan Puluhan Persen". Dengan rumus ini kamu akan lebih mengerti saham mana yang layak untuk dijadikan tempat investasi.