Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda, Tempat Wisata Alam Hingga Bersantai Keluarga Yang Nyaman dan Sejuk di Bandung

Pilihan Editor :

Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda, Tempat Wisata Alam Hingga Bersantai Keluarga Yang Nyaman dan Sejuk di Bandung
KURAZONERekreasi ke pantai, taman bermain atau museum, mungkin sudah biasa, namun berlibur ke sebuah tempat yang rindang seperti hutan raya tentu menarik. Di Bandung, ada salah satu tujuan wisata alam yang patut dijadikan destinasi wisata keluarga yaitu Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda. Kawasan ini sebenarnya memang hutan, namun dikelola dengan baik sehingga cukup tertata dan sangat nyaman untuk tempat liburan keluarga ataupun untuk wisata edukasi.

Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda Sebagai Tempat Pelestarian Flora & Fauna

Tidak hanya difungsikan sebagai kawasan hijau, Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda juga menjadi tempat pelestarian berbagai hewan dan tumbuhan, bahkan sebagian flora dan faunanya ada yang tergolong langka. Itulah mengapa, tumbuh-tumbuhan dan pepohonan disini dibiarkan tumbuh alami seperti hutan pada umumnya, tujuannya agar ekosistem alam tetap terjaga dengan baik dan dapat menjadi tempat berbagai macam hewan dan tumbuhan hidup serta berkembang.

Wisata Edukasi Menarik di Bandung


Pada musim liburan sekolah, Taman Hutan Raya (Tahura) Ir.H. Juanda seringkali dijadikan sebagai wisata edukasi oleh murid sekolah, biasanya mereka datang bersama rombongan, sambil melihat pemandangan alam, mereka juga bisa belajar tentang banyak hal seperti jenis-jenis tumbuhan, hewan, ekosistem alam dan sebagainya. Tersedia jalur track khusus yang membuat pengunjung semakin nyaman menjelajahi kawasan hutan tanpa takut tersesat. Tahura Ir.H. Juanda juga seringkali dijadikan sebagai tempat penelitian, baik oleh mahasiswa, dosen atau tim peniliti khusus.

Tersedia Fasilitas Bermain

Keunikan lainnya pada Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda ialah letaknya yang strategis dan berada tidak jauh dari pusat kota sehingga kawasan ini benar-benar bisa dijadikan sebagai tempat bersantai sambil melepaskan lelah dan menghilangkan stress. Untuk semakin menarik minat pengunjung, pihak pengelola hutan menyediakan fasilitas lainnya yang dapat menunjang berbagai aktivitas liburan seperti adanya taman bermain anak dan wahana outbound. Bagi anak-anak yang ingin bermain, bisa menggunakan wahana bermain seperti ayunan atau perosotan, lalu adapula wahana uji adrenalin yang cukup menantang untuk dicoba yaitu flying fox.


Jam Buka & Lokasi

Lokasi Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda berada di Dago Pakar, desa Ciburial, kecamatan Cimenyan, Bandung. Letaknya sangat mudah ditemukan karena berada tidak jauh dari pusat kota, gunakan jasa sewa mobil Dirgantara Car Rental maka anda akan diantarkan dengan nyaman sampai ke tujuan.

Untuk setiap pengunjung domestik dikenakan tarif masuk yang lebih murah yaitu sekitar Rp 11.000 sedangkan untuk pengunjung luar daerah harus membayar tiket masuk sebesar Rp 76.000. Kawasan Tahura buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Jadi, bagi anda yang ingin berlibur kesini, pastikan datang antara jam sekian. Namun, bagi yang sekedar ingin menikmati sajian kopi di café Armor Kopi Bandung yang berada di area hutan pinus gerbang THR Juanda, bisa menikmatinya hingga pukul 9 malam.



BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.