Cara Mendapatkan E-Sertifikat Gratis dengan Mengikuti Webinar Via Zoom maupun Live Youtube


KURAZONE ~ Sudah lulus atau wisuda bukan berarti mencari ilmu menjadi terhenti begitu saja, banyak sekali cara untuk mendapatkan ilmu atau wawasan baru di dunia ini, salah satunya adalah dengan mengikuti Webinar. Webinar adalah kependekan dari istilah web-seminar. Webinar memungkinkan siapa saja membuat acara secara online yang dapat ditonton live. Aplikasi atau web yang sering menjadi langganan untuk acara webinar tersebut adalah Zoom dan Youtube (Selain kedua aplikasi/web ini biasanya ada juga yang menggunakan Google Meet, tapi jarang #pendapat pribadi)

Cara Mendapatkan E-Sertifikat Gratis dengan Mengikuti Webinar

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari informasi kapan webinar diadakan. Kalian bisa mencari informasi tersebut dengan mudah melalui Instagram dengan mengetik kata kunci "webinar"

Pilih saja salah satu akun instagram webinar, dan lihat deretan feed posts nya. 


Jika kalian sudah menemukan topik yang menarik dan ingin mengikutinya. Maka lihat link pendaftaran yang tertera pada gambar tersebut dan lakukan pendaftaran. Selanjutnya kalian akan mendapatkan notifikasi lewat email atau diundang masuk kedalam grup WA.

Tiap panitia webinar memiliki caranya tersendiri untuk mengelompokkan pesertanya. Ada yang diundang ke Grup WA maupun Telegram, ada juga yang hanya menginformasikan : webinar akan dilaksanakan 1 jam lagi atau 1 hari sebelum hari H (diikuti link Zoom maupun Youtube) melalui email.

Dalam informasi grup WA, Telegram atau email tersebut biasanya berisi link Zoom ataupun Channel Youtube mana yang akan menayangkan webinar secara live. Kalian tinggal ikuti saja webinar nya via Zoom atau Youtube.
Contoh webinar via Live Youtube

WAJIB MENGISI FORM ABSENSI ATAU EVALUASI

Ketika webinar sedang berlangsung, nantinya akan ada LINK ABSENSI atau LINK EVALUASI untuk diisi oleh peserta sebagai persyaratan mendapatkan E-Sertifikat. Sehingga untuk mengetahui kapan link tersebut dibagikan maka kalian harus mengikuti webinarnya dari awal hingga akhir.

Dibawah ini adalah contoh link absensi maupun link evaluasi yang dibagikan oleh panitia webinar

Contoh Link Absensi


Contoh Link Evaluasi


Link tersebut biasanya akan diarahkan ke Google Form dan harus diisi oleh Peserta, mulai dari Nama Lengkap, email, nomor WA dan informasi tambahan lainnya.

Setelah mengisi link absensi atau link evaluasi, kalian bisa kembali mengikuti webinarnya lagi, atau udahan (karena link absensi atau link evaluasi biasanya dibagikan pada sesi penutup)
Setelah itu, kalian tinggal menunggu E-Sertifikatnya dikirim ke email yang sudah kalian daftarkan pada form absensi atau evaluasi.
Note : Webinar yang diselenggarakan terkadang memberikan hadiah doorprize atau quiz berhadiah kepada para pesertanya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, selain mendapat E-Sertifikat dan Ilmu, kalian juga bakal dapat hadiah (itupun kalau beruntung).

Selain E-Sertifikat, apa saja yang diperoleh?

  1. Bertambahnya ilmu / wawasan
  2. Relasi/nambah teman
  3. Worksheets
  4. Materi (biasanya Panitia akan memberikan link untuk mengunduh materi ketika webinar akan berakhir)
  5. Rasa senang/bangga karena mendapat e-sertifikat
  6. Dapat info mengenai webinar selanjutnya
Oiya, karena tujuan kita disini adalah mencari yang GRATISAN, maka sebelum mengikuti webinar alangkah baiknya melihat keterangan dari poster webinar tersebut, apakah webinar diadakan secara GRATIS atau BERBAYAR.

Contoh poster webinar GRATIS (cari aja tulisan GRATIS atau FREE)






Lumayan kan buat koleksi, hehe...


Note : Dikarenakan durasi webinar berjam-jam maka saya sarankan untuk mengikuti webinarnya menggunakan jaringan WIFI.

Itulah informasi mengenai "Cara Mendapatkan E-Sertifikat Gratis dengan Mengikuti Webinar Via Zoom maupun Live Youtube", selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Goodluck!





Lebih baru Lebih lama