3 Alasan Mengapa Menyewa Genset Lebih Baik Daripada Membeli Genset

This content uses Indonesian, please change to your language by pressing the translate button below.
Thank you for your visit.

KURAZONE ~ Listrik adalah kebutuhan pokok bagi berlangsungnya kegiatan operasional industri. Umumnya kebutuhan listrik untuk industri masih bergantung pada pasokan listrik dari pemerintah. Masalah besar akan timbul jika terjadi pemadaman karena proses produksi akan terganggu.

Untuk mengatasinya maka sebuah industri harus memiliki sumber energi cadangan berupa genset. Mahalnya harga genset baru menjadi sebuah polemik bagi seorang pelaku usaha karena mesin ini hanya digunakan sebagai sumber energi cadangan. Oleh karena itu, sewa genset terdekat menjadi sebuah pilihan untuk mengatasinya.

3 Alasan Menyewa Genset

Tidak perlu membeli genset baru karena nyatanya telah banyak sewa genset yang bisa menjadi pilihan. Ketika sebuah industri memutuskan untuk menyewa genset, maka berikutlah alasan mereka:

1. Menghemat Biaya

Harga mesin genset tidak bisa dibilang murah, apalagi kalau memilih yang berkapasitas besar dan mempunyai fitur tertentu seperti panel otomatis atau peredam suara. Namun apabila menyewa, kita hanya mengeluarkan biaya sewa yang dihitung harian dan tentunya hal ini akan lebih hemat

2. Menghindari Biaya Perawatan

Memiliki genset sendiri tak pelak harus melakukan perawatan secara berkala agar mesin tidak cepat rusak. Biaya perawatan yang timbul ini tidak bisa dibilang murah karena industri harus membayar tenaga untuk merawatnya. Dengan melakukan sewa, tentunya biaya ini dapat ditiadakan.

3. Tidak Ada Risiko

Karena genset hanya digunakan sebagai sumber energi cadangan saat pasokan listrik utama mengalami pemadaman, maka risiko mesin akan mengalami kerusakan karena jarang dipakai bisa saja terjadi. Melakukan sewa genset menyebabkan industri tidak perlu menanggung risiko ini.

Selain pemadaman, masalah kelistrikan yang umum dialami oleh industri adalah kerusakan trafo. Trafo berfungsi sebagai pusat distribusi dan transmisi listrik, pusat rangkaian kontrol, serta pengatur frekuensi menjadi pemegang peran utama dalam menjaga kestabilan listrik dalam sebuah usaha. Trafo yang tidak terawat dapat menyebabkan terjadinya breakdown listrik. Oleh karenanya selalu lakukan perawatan trafo listrik secara berkala.

Perawatan trafo umumnya meliputi pengecekan sisi luar apakah ada kebocoran atau tidak, pengecekan gel silika pada breather, pembersihan terminal isolator dan radiator, pengecekan fungsi dari masing-masing perlengkapan trafo, serta pemeliharaan berkala. Hal ini penting mengingat pasokan listrik tidak akan terdistribusi kepada komponen listrik jika mengalami masalah pada bagian trafo. Istilahnya, pasokan listrik adalah sumber energi utama, sedangkan trafo merupakan distributor utama. Sinergi keduanya akan menunjang kelancaran operasional industri.







Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Lebih baru Lebih lama