Mengenal Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Memiliki Luka Bakar

Pilihan Editor :

Mengenal Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Memiliki Luka Bakar
KURAZONE ~ Penderita luka bakar akan merasakan rasa panas dan nyeri yang luar biasa pada area sekitar lukanya. Penggunaan obat luka bakar knalpot bisa menjadi solusi yang praktis untuk menyembuhkan luka bakar.

Sayangnya, disamping menggunakan obat luka bakar, seringkali diantara kita masih banyak yang melakukan kesalahan dalam proses penanganan luka bakar pertama kalinya. Padahal, kesalahan penanganan dapat berdampak buruk pada luka yang berujung pada proses penyembuhan luka yang berjalan lebih lama. Berikut ini beberapa kesalahan yang perlu diwaspadai saat menangani luka bakar untuk pertama kalinya tapi sebelumnya jangan lupa untuk selalu membaca artikel salep untuk luka bakar dari guesehat.com

Menggunakan air panas untuk membersihkan luka

Dalam menangani luka, proses pembersihan merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebab, pembersihan luka berperan dalam proses pencegahan infeksi sekaligus membuat luka lebih mudah untuk disembuhkan. Sayangnya, seringkali pembersihan luka tidak dilakukan secara tepat, salah satunya dengan menggunakan air panas.

Penggunaan air panas untuk membersihkan luka dilakukan karena air panas dianggap bisa mematikan bakteri pada area luka. Padahal, hal tersebut justru bisa memperparah luka terutama pada luka bakar karena akan memberikan rasa nyeri yang berlebih. Gunakan air biasa atau air yang cenderung dingin untuk meredakan rasa nyeri serta membersihkan luka secara optimal.

Membuat ikatan diatas luka

Pernahkah Anda melihat adegan di film-film action tentang salah seorang korban luka bakar atau luka tembak yang ditangani dengan memberikan ikatan diatas luka? Cara tersebut dianggap dapat membantu menghentikan pendarahan karena aliran darah yang dihambat ke area sekitar luka. Sayangnya, cara tersebut bukanlah langkah yang tepat dalam penanganan luka pertama kalinya karena justru dapat berdampak buruk bagi luka.

Membuat ikatan diatas luka dapat membuat jaringan di sekitar atau pada luka menjadi rusak. Seharusnya, yang dilakukan untuk menghentikan pendarahan adalah dengan menutup luka secara langsung dengan kain dan membalutnya secara kencang. Cara ini juga berguna agar luka tidak terkena kotoran yang berpotensi menyebabkan terjadinya infeksi.

Disamping memperhatikan beberapa kesalahan yang tidak boleh dilakukan, ada baiknya juga kita selalu membaca info kesehatan terpercaya untuk mengetahui berbagai hal seputar dunia kesehatan dan mempersiapkan inbumin tablet di rumah. Semoga bermanfaat.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar :

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.