Apa itu Hand Sanitizer? Manfaat, Kandungan dan Cara Penggunaan Hand Sanitizer


KURAZONEHand sanitizer adalah cairan atau gel yang digunakan untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri. Hand sanitizer umumnya terdiri dari alkohol atau bahan antiseptik lainnya yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada permukaan tangan. Hand sanitizer sangat berguna ketika Anda tidak memiliki akses ke air dan sabun atau ketika Anda ingin menambah tingkat kebersihan tangan Anda. Hand sanitizer umumnya tersedia dalam kemasan kecil yang dapat dengan mudah dibawa ke mana saja, sehingga Anda dapat membersihkan tangan Anda kapan saja dan di mana saja.

MANFAAT HAND SANITIZER

Hand sanitizer memiliki beberapa manfaat, di antaranya:
  1. Membersihkan tangan dari kuman dan bakteri: Hand sanitizer efektif untuk membersihkan tangan dari kuman dan bakteri.
  2. Mudah dibawa ke mana saja: Hand sanitizer tersedia dalam kemasan kecil yang dapat dengan mudah dibawa ke mana saja, sehingga Anda dapat membersihkan tangan Anda kapan saja dan di mana saja.
  3. Menjadi alternatif ketika tidak ada akses ke air dan sabun: Hand sanitizer menjadi pilihan yang baik ketika Anda tidak memiliki akses ke air dan sabun atau ketika Anda tidak ingin menggunakan air dan sabun.
  4. Membantu mencegah penyebaran penyakit: Menggunakan hand sanitizer secara teratur dapat membantu mencegah penyebaran penyakit melalui tangan.
  5. Aman untuk kulit: Hand sanitizer umumnya aman untuk kulit, meskipun ada beberapa jenis yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

KANDUNGAN HAND SANITIZER

Hand sanitizer umumnya terdiri dari alkohol atau bahan antiseptik lainnya seperti triclosan. Alkohol yang paling sering digunakan dalam hand sanitizer adalah etanol atau isopropanol. Untuk menjadi efektif dalam membunuh kuman dan bakteri, hand sanitizer harus mengandung antara 60% hingga 95% alkohol.

Selain alkohol, hand sanitizer juga dapat mengandung beberapa bahan tambahan seperti air, pewangi, pengemulsi, dan pewarna. Bahan-bahan tambahan ini biasanya ditambahkan untuk memberikan tekstur yang lebih lembut pada hand sanitizer dan meningkatkan sensasi saat menggunakannya.

Hand sanitizer juga dapat mengandung bahan aktif lain seperti triclosan, yang dapat membunuh kuman dan bakteri dengan cara yang berbeda dari alkohol. Namun, triclosan telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, sehingga kegunaan triclosan dalam hand sanitizer kini sedang dipertanyakan.

CARA MENGGUNAKAN HAND SANITIZER

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan hand sanitizer dengan benar:
  1. Bersihkan tangan Anda dari kotoran dan debu terlebih dahulu.
  2. Teteskan hand sanitizer ke tangan Anda sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Biasanya, Anda perlu menggunakan sekitar 3 ml hand sanitizer untuk menutupi seluruh permukaan tangan.
  3. Ratakan hand sanitizer ke seluruh permukaan tangan Anda, termasuk jari-jari, ibu jari, dan telapak tangan.
  4. Gosok tangan Anda bersama-sama hingga hand sanitizer mengering. Ini biasanya memakan waktu sekitar 20-30 detik.
  5. Jangan membilas hand sanitizer setelah menggunakannya. Hand sanitizer akan mengering sendiri setelah digunakan.
Ingatlah bahwa hand sanitizer bukan pengganti air dan sabun. Jika Anda memiliki akses ke air dan sabun, disarankan untuk membersihkan tangan Anda dengan air dan sabun untuk hasil yang lebih bersih. Namun, hand sanitizer merupakan pilihan yang baik ketika Anda tidak memiliki akses ke air dan sabun atau ketika Anda ingin menambah tingkat kebersihan tangan Anda.



Lebih baru Lebih lama